Aside

Buat kamu yang kadang kadang merasa down ? Merasa ini adalah hari yang sial ? Gak semangat melakukan apapun ? Mungkin cara cara di bawah ini bisa kamu coba untuk mengembalikan kebahagiaanmu hanya dalam waktu 30 detik ! Dan tau nggak, cara cara di bawah ini sudah didasarkan atas penelitian penelitian sebelumnya.

Tapi sebelumnya, apa definisi “happiness” atau istilahnya kebahagiaan ?
Salah satu psikolog, Tal Ben-Sahar, mengungkapkan bahwa “Happiness as the overall experience of pleasure and meaning in life” , atau dengan kata lain kebahagiaan adalah keseluruhan hal, perasaan, pengalaman yang kita dapatkan dari hal yang menyenangkan dan yang berarti. Dari sini dapat kita simpulkan bahwa, kesenangan saja atau hal yang berarti saja tidak bisa memberikanmu kebahagiaan.

Kita butuh “meaning” atau hal yang berarti sebagai bagian dari kebahagiaan untuk memberikanmu ‘sense’ akan tujuan dalam hidup, dan kamu butuh “pleasure” atau kesenangan sebagai bagian dari kebahagiaan untuk memberikanmu ‘sense‘ akan sukacita dan kesejahteraan pada saat sekarang. Kedua elemen tersebut tidak bisa dipisahkan satu sama lain

Happiness = Sense of Meaning + Sense of Pleasure
Jadi, jika kamu ingin lebih bahagia, cukup tambahkan pleasure atau meaning dalam hidupmu. Tapi ingat, tidak boleh mengganggu hidup orang lain atau hidupmu sendiri. Setelah kamu membaca artikel ini, kamu tidak hanya akan lebih bahagia saat ini saja, tapi juga akan meningkatkan rasa bahagiamu kedepannya.
Tapi, apa iya, dalam 30 detik kamu bisa meningkatkan rasa bahagiamu ? Se instant itu kah ? Tentu saja guys, tips berikut ini akan meningkatkan sense of pleasure kamu atau sense of meaning mu atau bahkan keduanya. Kamu tidak perlu bantuan orang lain dan ini dapat kamu lakukan dimana saja, di kantor, di rumah, bahkan di mobil juga bisa loh. Kamu hanya membutuhkan tekad dari dirimu sendiri. Dengan latihan singkat, kamu bisa melakukan tips berikut. Selamat membaca dan mungkin kamu bisa langsung mencoba salah satunya guys
Pertama

Take one deep breath

Take a deep breath
Kamu cukup mengambil satu nafas dalam dalam dan ini akan mengembalikan atau bahkan mengaktifkan kembali sistem di tubuhmu. Lakukanlah terus hingga 30 detik. Maka kamu akan merasakan perubahan instan dalam dirimu.
Kedua
Temukan sesuatu di harimu, bahkan hal kecil sekalipun, yang dapat membuatmu merasa bersyukur

Kamu dapat mensyukuri hal kecil seperti sarapan dengan keluarga
Entah itu kamu berhasil bangun lebih pagi, sarapan kamu tadi enak, atau bahkan kamu masih bisa menyalam orang tuamu sebelum kerja pagi ini. Rasakan perasaan tersebut untuk beberapa saat. Merasakan hal positif untuk beberapa waktu dapat membantu pikiran kamu menerima hal positif tersebut.
Ketiga
Temukan sesuatu di harimu yang tidak terjadi yang membuatmu merasa bersyukur

Jalanan yang tidak terlalu macet, mobilmu tidak bermasalah, atau kamu tidak telat masik kantor, karena segala sesuatu mungkin saja membuat harimu menjadi buruk.

Keempat

Tersenyumlah

Sebagian orang berfikir kalau kebahagiaan itu datang dari pikiranmu lalu keluar. Tetapi, kebahagiaan juga bisa datang dari apa yang kamu lakukan lalu masuk ke dalam pikiranmu. Sengaja tersenyum dapat mengaktifkan happiness part dari emosimu..
Kelima
Berikanlah “label” pada perasaan negatifmu

“Pemarah”,”Gak berguna”,”Cengeng” . Memberikan “label” pada emosimu dapat meringankan perasaan negatifmu. Kenapa ? Memberikan “label” pada perasaan negatifmu akan membuat aktivitas otakmu bergeser dari bagian yang menangani emotional ke bagian yang berfikir. Sehingga kamu akan merasa lebih ringan dan memiliki kendali yang lebih atas dirimu sendiri.
Keenam
Tegakkan dudukmu

Tau gak, kalau postur duduk yang kurang baik dapat memunculkan emosi yang negatif. Penelitian menunjukkan gaya duduk yang kurang baik, misalnya terlalu menunduk, dapat memunculkan sense untuk membuat mood mu menjadi turun, menurunkan kepercayaan dirimu dibanding kamu duduk dengan tegak. Postur duduk tegak dapat memunculkan perasaan nyaman, percaya diri dan akan membuat mood mu menjadi lebih baik. Bahkan dari sisi kesehatan, postur duduk tegak dapat mencegahmu dari masalah leher, bahu, atau punggung mu. Jadi jika kamu ingin meningkatkan mood mu seketika, tariklah badanmu dan duduk lebih tegak.

Ketujuh

Ingat ingat kembali kebahagiaan kecil dan apresiasilah hal tersebut

Sebuah buku berjudul “Hardwiring Happiness”, mengatakan bahwa, mengapresisasi hal hal kecil seperti kamu menyelesaikan pekerjaanmu, kamu mempunyai teman baru, tugas kamu hampir selesai, dapat mengembalikan kebahagiaanmu. Agar lebih baik, bayangkanlah hasil dari momen tersebut, objek objek di dalamnya, dan orang orang di sekitarnya. Cobalah untuk merasakannya dalalm beberapa saat sehingga kamu akan tenggelam dalam perasaan tersebut. Dan, kamu akan menjadi lebih bahagia dari sebelumnya..
Kedelapan
Apresiasi dirimu sendiri

Coba ingat ingat kembali keberhasilan yang telah kamu lakukan dalam hal dirimu dan apresiasi lah dirimu sendiri akan hal hal tersebut. Mengalihkan perhatian kepada dirimu dan mengapresiasinya akan meningkatkan semangat dalam dirimu..
Kesembilan
Temukanlah hal yang positif dalam kejadian negatif

Cobalah untuk mengganti sudut pandangmu terhadap hal hal negatif dalam dirimu dari sebuah kegagalan menjadi sebuah tantangan untuk dirimu. Lakukan selama 5 detik. Lalu pada 25 menit selanjutnya temukanlah hal positif dibalik tantangan tersebut.

Kesepuluh

Letakkanlah satu atau beberapa foto di mejamu yang dapat mengingatkanmu kembali akan tujuan dan kebahagiaan dalam hidupmu

Kamu bisa meletakkan foto keluargamu, foto jalan jalan kamu, atau quotes quotes tertentu di mejamu. Hal ini dapat mengembalikan sense akan pleasure dan meaning dalam hidupmu. Kamu dapat memandangi foto tersebut sambil merasakan kebahagiaan di dalamnya. Hal ini akan menurunkan stress dalam fikiranmu dan mengembalikan kebahagiaanmu. Agar kamu tidak terpaku pada foto yang itu itu saja, gantilah fotonya dalam sebulan atau dua bulan sekali.
Semoga Bermanfaat

Source : http://www.simpticle.com

Cara ini dapat membuatmu merasa lebih bahagia hanya dalam 30 detik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s