Image

17 Kendaraan Angkut Personel Dengan Desain Keren dan Sistem Canggih

Kendaraan angkut personel dibutuhkan untuk menunjang mobilitas dan keselamatan penumpang, dengan adanya kendaraan tersebut para infanteri tempur dapat dikirim ke medan perang dengan cepat dan aman. Kendaraan tersebut biasaya dipersenjatai dengan senapan otomatis, meriam, granat ataupun rudal anti tank. Bodi yang digunakan tahan terhadap peluru, ledakan ranjau, sebagian kendaraan dapat melindungi penumpang dari radiasi nuklir, senjata biologi ataupun senjata kimia. Thread yang saya buat ini berisi bermacam macam kendaraan angkut personel dengan desain yang keren, futuristik, gahar selain itu kecanggihan dan kehebatannya juga patut diacungi jempol.

Cotohnya seperti APC (Armoured Personal Carrier) kendaraan ini memang difokuskan untuk mengangkut para infanteri dan tidak dirancang untuk pertempuran secara langsung contoh dari kedaraan ini yaitu APS-3 Anoa 6X6 dan BTR-90. Selain itu juga ada IFV (Infanteri Fighting Vehicle) kendaraan ini dapat mentransportasikan infanteri sekaligus memberi mereka dukungan tembakan, kendaraan ini bisa digunakan untuk pertempuran langsung. Kendaraan seperti ini sudah digunakan untuk menggantikan peran tank ringan, digunakan untuk pengintaian, serta dipakai oleh satuan penerjun payung yang tak mungkin membawa tank yang berat. Contoh dari IFV yaitu BMP-3 dan Patria 8X8, basanya kendaraan ini dilengkapi dengan senjata berkaliber besar seperti meriam dan rudal anti tank. Dan ada juga kendaraan taktis seperti Rantis Komodo dan M1114.
Berikut adalah gambar dan ulasannya!

1. Arma 8X8 (Turki)



– Menggunakan mesin diesel turbo delapan transmisi otomatis, dan tenaga 450 hp pada 2.200 rpm dapat melaju hingga kecepatan 105 Km/Jam di jalanan dan 8Km/Jam di air ketika sedang melakukan misi amfibi.
– Jarak tempuh 700 Km.
– Dapat mengangkut 12 personel termasuk Komando, juru mudi
– Persenjataan utamanya yaitu meriam keliber 105 mm bisa dipasang bersama mortar 120 mm. Senapan mesin 7.62mm, 12.7 mm, 14.5 dan 20 mm.
– Terdapat perlindungan dari energi kinetik dan potongan potongan yang dihasilkan oleh proyekil, roket, ranjau dan mortal.

Arma 8X8 merupakan kendaraan taktis lapis baja yang dirancang dan dikembangkan oleh Otokar Otomitiv ve Savunma Sanayi, sebuah perusahaan yang berbasis di Turki didesain untuk pasukan Turki. Selain sebagai kendaraan angkut personel dapat juga difungsikan sebagai post Komando, ambulan, kendaraan pengintai, pelatihan, pemeliharaan dan pemulihan kendaraan. Arma 8X8 juga dapat digunakan sebagai platform rudal anti tank atau anti pesawat.

2. Tulpar (Turki)


– Menggunakan mesin Scania DSI litres or DSI 16, V8 diesel 810 hp, dapat melaju hingga 70 Km/Jam.
– Jarak operasional 600 Km.
– Berat 32 Ton.
– Dapat mengangkut 9 personel dan 3 prajurit sebagai komando, juru mudi dan juru tembak.
– Senjata utama, sebuah meriam kaliber 30 mm dan peluncur rudal anti tank.
– Bahan dasar bodi dari baja komposit dapat melindungi dari proyektil 14.5 mm.

Kendaraan ini didesain dan diproduksi oleh perusahaan pertahanan Turki Otokar, dan mulai di produksi pada tahun 2012.

3. PARS 8X8 (Turki)


– Menggunakan mesin diesel EURO 3 550 hp dengan kecepatan kendaraan ini 100 Km/Jam do jalanann normal dan 8 Km/Jam di air.
– Jarak operasional 700 Km.
– Berat 2.7 Ton dengan turret meriam 25 mm.
– Dapat mengangkut 8 personel dan 2 prajurit sebagai komando dan juru mudi.
– Melindungi dari tembakan senjata keliber 12.7 mm dan ledakan ranjau.

PARS 8×8 di desain, dikembangkan dan diproduksi oleh perusahaan Turki FNSS. Prototip pertama bertujuan untuk dikirim ke Malaysia pada tahun 2012.

4. Mbombe 6X6 (Afrika Selatan)


– Menggunakan mesin diesel dapat melaju hingga 100 Km/Jam.
– Jarak operasional 700 Km.
– Berat 16 Ton.
– Dapat mengangkut hingga 8 personel ditambah tiga orang prajurit sebagai komando, juru tembak dan pengemudi.
– Dapat melindungi dari ledakan ranjau anti tank dan RPG.

Mbombe di buat oleh Paramount Group dan mulai diproduksi pada tahun 2010 hingga sekarang.

5. Pindad APS-3 Anoa 6X6 (Indonesia)



Penampakan Monster di Arab




itu Anoa yang lagi digunakan tugas pasukan garuda sebagai pasukan UNIFIL di Lebanon.

– Menggunakan mesin diesel Renault MIDR 6 silinder 320 hp pada 2500 Rpm dapat membawa Anoa melaju dengan kecepatan 90 Km/Jam.
– Jarak operasional 600 Km.
– Berat Anoa sebesar 11 Ton.
– Dapat mengangkut 10 penumpang ditambah lagi 3 orang yaitu seorang komando, juru mudi dan penembak.
– Senjata utama, senapan mesin 12.7 mm dan granat CIS 40 AGL, senjata pelengkapnya yaitu 6 buah peluncur granat asap.
– Dilengkapi dengan beja berlapis Monocoque STANAG 4569 level 3.

Pindad APS-3 Anoa diproduksi tahun 2006 oleh PT Pindad Indonesia, menggunkan ban yang mempunyai kemampuan untuk meloloskan diri selama 2 jam dan menempuh jarak 80 Km/Jam jika terkena paku atau tembakan. Pada panel depan dilengkapi LCD CCTV untuk melihat keadaan belakang dalam megendalikan pintu, selain itu juga dilengkapi dengan pendingin udara. Terdapat juga 13 buah lubang pelolosan untuk penyelamatan personel jika dalam keadaan darurat, 13 buah panser dari varian ini digunakan Indonesia untuk misi PBB bersama Satgas Batalyon Mekanis TNI Kontingen Garuda XXIII-D/UNIVIL di Lebanon. Indonesia juga membuat Anoa versi VVIP untuk panser kepresidenan. Sebagai tambahan Pindad APS-3 Anoa telah di pesan oleh beberapa segara seperti indonesia sebanyak 150 unit varian 6X6 dan 10 unit pada varian 4X4, Malaysia sebanyak 13 unit dan kabar terbarunya Malaysia membeli hingga 23 unit, Brunei 13 unit, Timur Leste 4 unit, Oman 200 unit dan negara yang berkemungkinan menjadi pengguna yaitu Nepal, Irak dan Bangladesh.

6. Pindad Rantis ‘Komodo’ 4X4 (Indonesia)


– Menggunakan mesin diesel turbo intercooler dengan power 215 ps pada 2500 rpm.
– Body kendaraan menggunakan monocoque yeng memiliki ketahanan terhadap tembakan meriam berkaliber 7.62 mm.
– Diawaki oleh 2 orang.

Pindad Rantis ‘Komodo’ 4X4 merupakan kendaraan taktis (rantis) dengan kemampuan yang baik yang mulai diproduksi oleh PT Pindad pada tahun 2012. Terdapat beberapa varian dari kendaraan ini antara lain, V1 untuk varian intai, V2 untuk varian angkut personel, V3 untuk varian komodo, V4 untuk varian angkut rudal, V5 untuk varian khusus.

7. BMP-3 (Rusia)




– Dengan mesin diesel 500 hp dan power 27 hp dapat melaju dengan kecepatan 72 Km/jam di jalan, 45 Km/jam di jalan terjal dan 10 Km/jam di air.
– Jarak operasional 600 Km.
– Berat 18,7 Ton.
– Dapat mengangkut 10 orang, tiga orang sebagai komando, pengemudi dan juru tembak.
– Terdapat senjata utama yaitu gabungan antara meriam dengan peluncur roket kaliber 100 mm, dengan penggabungan tersebut sang juru tembak dapat memilih senjata sesuai keperluan, mau menghancurkan target udara atau darat. Dan meriam otomatis kaliber 30 mm.

BMP-3 merupakan kendaraan tempur infanteri untuk versi lanjutan dari BMP-1 dan BMP-2 yang hadir dengan mesin baru. BMP-3 pertama kali digunakan pada tahun 1987 hingga sekarang, kendaraan ini dapat beroperasi di laut selama tujuh jam, bayangkan coba sebuah kendaraan lapis baja melakukan misi di laut selama berjam jam. Terdapat juga sistem perlindungan terhadap paparan senjata radiasi nuklir, senjata biologi atauun senjata kimia. Jangan khawatir jika ada tank ini berjalan di jalan raya karena roda rantainya nggak akan merusak aspal kok. Sebagai info, Indonesia telah mempunyai seanyak 54 unit BMP-3 sebagai bagian dari program peremajaan alutsista.

8. BTR-82A 8X8 (Russia)

– Menggunakan mesin diesel KAMAZ dengan power 300 hp dapat membuat kecepatan 80 Km/Jam di jalanan normal.
– Jarak operasional 600 Km.
– Berat 14.5 Ton.
– Dapat mengangkut 7 prajurit ditambah 3 lagi prajurit yang bertugas sebagai Komando, juru mudi dan juru tembak.
– Senjata utama, sebuah meriam keliber 30 mm dan sebuah senapan mesin kaliber 7.62 mm.
– Terdapat perlindungan terhadap serpihan senjata ringan, dan ledakan ranjau.

Kendaraan ini merupakan upgrade dari BTR-80A, pada April 2010 Russia mulai memasarkan BTR-82 dan BTR-82A. Dilengkapi dengansistem komunikasi canggih, peta topografi, kamera pengintai dan pendingin ruangan di dalam kabin.

9. BTR-3 8X8 (Ukraina)

– Mesin diesel transmisi otomatis 326 hp mampu membawa kecepatan samapi 85 Km/Jam.
– Jarak operasional 600 Km.
– Berat 16.4 Ton.
– Mengangkut 6 personel ditambah 3 prajurit sebagai Komando, pengemudi dan penembak.
– Memiliki senjata utama sebuah meriam kaliber 30 mm.

BTR-3 mulai diproduksi tahun 2001 oleh Kharkiv Morozov Machine Building Design Bureau, dan di desain oleh Adcom Manufacturing dari UEA.

10. Terrex ICV 8X8 (singapura)


– Menggunakan mesin diesel 40 hp mampu membawa Terrex ICV lari dengan kecepatan 110 Km/Jam.
– Jarak operasional 800 Km.
– Berat 25 Ton.
– Dapat membawa 12 personel ditambah 2 prajurit sebagai komando dan pengemudi.
– Dapat dipasang berbagai macam senjata termasuk meriam kaliber 25 mm, dapat juga membawa meriam tank berkaliber 105 mm.

Terrex ICV diproduksi tahun 2006 dikembangkan oleh ST Engineering dan Technology Ltd, dan diproduksi dibawah lisensi Otokar dari perusahaan Turki.

11. Boxer 8X8 (Jerman)


– Mesin diesel 711 hp dapat melaju hingga 103 Km/Jam.
– Jarak operasional 1.100 Km.
– Berat 25.2 Ton.
– Dapat membawa hingga 8 personel dan 3 awak sebagai komando, juru mudi dan juru tembak.
– Senjata utama sebuah senapan mesin berkaliber 12.7 mm.
– Perlindungan dari ledakan ranjau anti personel, kursi pada kendaraan dibuat tinggi agar kru aman dari ladakan yang berasal dari bawah kendaraan.

Kendaraan ini hasil kerjasama antara Jerman dan Belanda yang dirancang untuk melaksanakan berbagai operasi, diproduksi oleh ARTEC GmbH yang berada di Munich, perusahaan ini memiliki induk Krauss Maffei Wegmann dan Reinmetall di Jerman dan Reinmetall Nederland di Belanda.

12. Patria AMV 8×8 (Finlandia)



– Mesin DI 12 Scania Diesel or DC 12 Scania Diesel, mampu melaju hingga kecepatan 100 Km/Jam di jalanan normal dan 10 Km/Jam di air.
– Jarak operasinal 600-850 Km.
– 16 Ton sampai 27 Ton.
– Dapat membawa sebanyak 8-12 personel, dan 2-3 prajurit.
– Senjata utama, meriam kaliber 105 mm.

Patria AMV diproduksi oleh industri pertahanan Finlandia yang bernama Patria, diuji coba pada tahun 2001. Terdapa tiga varian, yang pertama AMW Basic Platform termasuk Armored Personal Carrier, Infantry Fighting Vehicle, ambulance, peluncur mortar dan lain-lain. AMW High Roof Paltform cocok untuk ambulan ukuran besar dan ruang kerja. AMW Heavy Weapon Paltform seperti kendaraan angkut personel dengan turret dilengkapi peluncur mortar ukuran 120 mm atau sistem senjata mobile.

13. Lazar 2 8X8 (Serbia)


– Mesin diesel 500 hp bertransmisi 3 kecepatan otomatis dengan kecepatan lari 199 Km/Jam.
– Jarak tempuh 800 Km.
– Berat lebih dari 28 Ton.
– Dapat mengangkut 9 personel dan 3 kru sebgai komando, juru mudi dan penembak.
– Senjata utama, sebuah meriam otomatis kaliber 30 mm.
– Perlindungan terhadap tembakan peluru berkaliber 14.5 mm.

Lazar 2 merupakan upgrade dari Lazar 1 yang merupakan kendaraan tempur buatan Complex Battle System di Serbia.

14. NIMR 6×6 (UEA)



– Menggunakan msin diesel 6 silinder dengan 6 kecepatan transmisi otomatis
– Jarak operasional 700 Km.
– Berat 15 Ton.
– Dapat membawa 10 personel dan 2 prajurit sebagai komando dan pengemudi.
– Senjata utama, sebuah senapan mesin 7.62 mm atau 12.7 mm atau sebuah meriam otomatis berkaliber 30 mm.
– Melindungi dari tembakan senjata ringan dan serpihan meriam.

Kendaraan ini dikembangkan dan di produksi oleh Company Nimr Automotive dan mulai ditunjukkan ke publik pada tahun 2013.

15. AM General BRV-O (amerika serikat)

– Dapat melaju hingga kecepatan 70 Mph di jalanan off road.
– Jarak operasional 300 miles.
– Dapat menampung 4 orang termasuk pengemudi.
– bersenjatakan, senapan mesin 7.62 mm atau 12.7 mm, peluncur granat otomatis.

BRV-0 (Blast Resistant Vehicle – Off Road) merupakan kendaraan yang ikut kompetisi dalam JLTV, yautu program untuk pemilihan kendaraan sebagai pengganti dari Humvee. Didesain oleh AM General, memiliki proteksi dan performa yang lebih baik dari Humvee.

16. Piranha V (Swiss)



– Menggunakan mesin diesel dan dapat melaju hingga kecepatan 100 Km/Jam.
– Jarak operasional 550 Km.
– Berat 30 Ton.
– Dapat menampung hingga 8 personel dan 3 kru sebagai komando, juru mudi dan penembak.
– Senjata utama, sebuah senapan mesin 12.7 mm atau 25 mm atau 30 mm hingga meriam 105 mm.
– Memberikan perlindungan terhadap ledakan ranjau.

Kendaraan ini dikembangkan oleh General Dynamics European Land System-Mowag, Piranha Vditampilkan pertama kali pada pameran Eurosatory 2010.

Tambahan gan! Ini APC yang paling saya suka setelah Anoa 6X6, BTR-80 buatan Rusia. Badannya kekar berotot, dapat mengapung di air dan bentuknya mirip seperti BTR-82.

BTR-80





BTR-80A Marinir di Lebanon!
[spoiler=BTR-80 Lebanon]


– Mesin Diesel V8 UTD-20 260 hp, kecepatan 80 Km/Jam di jalan normal dan 9 Km/Jam di air.
– Jarak operasional 600 Km.
– Berat 13.6 Ton
– Dapat mengangkut 7 personel dan 3 prajurit sebagai Komando, penembak dan juru mudi.
– Senjata utama, sebuah senapan mesin kaliber 14.5 mm, jangkauan tembak 2 Km.
– Perlindungan dari tembakan peluru kaliber 7.62 mm dan pecahan dari ledakan granat/peluru, serangan senjata NBC (nuklir, biologi, kimia).

BTR 80A dibuat oleh Company Arzamas Machineri Construction Plant of Nizhny Novgorod, diproduksi tahun 1984 dan mulai digunakan tahun 1986. Mengadopsi ban KI-126 yang kebal ditembus peluru senapan berat. Untuk melaju di air pada saat ombak tinggi pandangan pengemudi takkan terhalang air ombak, karena di bagian depan telah terpasang pemecah ombak, ditambah lagi adanya periskop TNPO-165.

Sumber :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s