Image

Kasus Pembunuhan Berantai Paling Mengerikan di Dunia

1. Amelia Dyer
Perempuan ini dikenal sebagai pembunuh bayi. Dia membunuh bayi-bayi yang tidak diinginkan di tempat orang biasa menitipkan bayi yang kelahirannya tidak sah untuk dirawat dengan sejumlah uang. Dyer membiarkan bayi-bayi itu mati karena tidak dipedulikan dan juga disiksa setelah menerima sejumlah uang dari orang tua mereka .
Cerita yang paling terkenal adalah pembunuhan anak Evelina Marmon yang dititipkan padanya. Bayi ini dibunuh dengan cara mengikat leher bayi itu menggunakan pita. Dyer akhirnya dieksekusi dengan cara digantung karena pembunuhan ini walaupun sebenarnya dia telah membunuh lebih dari 200 bayi.
2. Pedro Alonso Lopez (Ekuador dan Peru)
Julukan pria ini adalah Monster of Andes. Pada awalnya pria ini melancarkan aksi pembunuhannya di Peru pada tahun 1970-an dengan membunuh sekitar 100 perempuan. Dia pernah tertangkap oleh penduduk yang kemudian diserahkan pada polisi. Sayangnya, polisi membebaskan pria ini.
Pedro kemudian pindah ke Ekuador. Di Ekuador dia membunuh 3 sampai 4 gadis tiap minggunya. Hal ini terus terjadi sampai pada tahun 1980-an setelah ditemukannya kuburan massal korban karena banjir bandang dan akhirnya dia ditangkap namun dideportasi ke Kolombia, negara asalnya dengan alasan berkelakuan baik selama masa tahanan .
3. Dennis Rader (BTK Killer)
Antara tahun 1974-1991, Dennis Rader membunuh setidaknya 10 orang di Wichita, Kansas, Ia dikenal sebagai BTK Killer (Bind, Torture, Kill). Dalam aksinya, setelah menculik korban, Rader akan mengikat dan mencekiknya hingga sekarat .
Ia akan membiarkan sang korban bangun, lalu mencekiknya kembali, mengulang kondisi sekarat yang dialami sang korban untuk memaksa berhubungan seks. Setelah itu, ia baru benar-benar membunuhnya. Rader tertangkap pada tahun 2005, dan hingga kini masih menjalani hukuman di penjara.
4. Aileen Wuornos (Pelacur Kejam)
Salah satu dari sedikit pembunuh berantai wanita yang menarik perhatian dunia. Sebagai pelacur, ia telah membunuh setidaknya 7 orang dalam kurun waktu setahun (1989-1990). Wuornos dibesarkan dengan kekerasan dan penelantaran. Ia melahirkan bayi pada usia 15, berpacaran dengan saudara laki-lakinya sendiri, dan sempat menikah sebentar sebelum tertangkap karena perampokan .
Akhirnya ia jatuh cinta pada seorang wanita, dan untuk menghidupi kekasihnya, ia menjadi pelacur. Selama menjadi pelacur, ia membunuh 7 pria yang ‘katanya’ mencoba menyakitinya saat berhubungan. Ia dipenjara pada 1991, dan dihukum suntik mati pada tahun 2002 .
5. Ed Gein
Meskipun Ed Gein ‘hanya’ membunuh dua orang dan tak memiliki ciri-ciri rata-rata pembunuh berantai, aksi pembunuhan yang ia lakukan begitu mengerikan. Caranya membunuh bahkan menjadi inspirasi untuk banyak cerita horor, termasuk Norman Bates – Psycho, Leatherface – The Texas Chainsaw Massacre dan Jame Gumb – The Silence of the Lambs. Eid tinggal di Wisconcin bersama ibu dan saudara laki-lakinya. Ia dicurigai membunuh sang kakak, namun tak ada bukti atas itu. Setelah ibunya meninggal, Gein mulai mengunjungi makam setempat .
Menggalinya, lalu mengambil mayat wanita-wanita paruh baya yang ia pikir mirip sang ibu, dan membuat ‘pakaian’ dari kulit mereka. Ia terbukti membunuh 2 orang wanita, dan saat para polisi datang ke rumahnya, mereka menemukan bagian tubuh mayat di mana-mana . Gein ditangkap pada tahun 1957 dan menghabiskan sisa hidupnya di rumah sakit jiwa setelah divonis sebagai kriminal gila. Ia akhirnya meninggal karena gagal jantung dan kanker pada 1984 (usia 77 tahun).
6. Gary Ridgway (Green River Killer)
Salah satu pembunuh berantai yang kini masih hidup (usia 64 tahun). Selama 1980-1990an, ia mencekik setidaknya 71 perempuan di Washington . Tubuh 5 korban pertamanya ditemukan di Green River. Setelah tertangkap, ia memohon keringanan atas hukuman mati dengan menawarkan ‘bantuan’ untuk menunjukkan lokasi semua korbannya yang hilang.
Pengadilan pun setuju. Ridgway biasanya menjemput korbannya (para pelacur), meraih kepercayaan mereka dengan menunjukkan foto putranya, dan kemudian mencekik mereka dengan atau tanpa bantuan alat. Ia kerap bercinta dengan mayat yang baru ia bunuh . Meskipun memiliki IQ rendah (82), ia tak tertangkap selama lebih dari satu dekade, hingga akhirnya dipenjara pada 2001. Kini ia masih tinggal di penjara Washington .
7. Henry Lee Lucas (Pembunuh 350 Orang)
Membunuh setidaknya 350 orang selama rentang 20 tahun . Meskipun demikian, ia sendiri mengaku telah membunuh 600 orang. Kisah Lucas selanjutnya dijadikan inspirasi untuk film HENRY, PORTRAIT OF A SERIAL KILLER .
Pembunuhan pertamanya yang ketahuan polisi adalah saat ia membunuh ibunya. Ia menghabiskan waktu 10 tahun di penjara, namun kemudian dibebaskan karena alasan yang sulit dipercaya, yakni overcrowding (penjara terlalu ramai). Setelah itu ia membunuh korban-korban lainnya dan melakukan kriminalitas lain, hingga akhirnya dijebloskan kembali ke penjara. Ia meninggal secara wajar di penjara pada tahun 2001.
8. Andrei Chikatilo (Maniak Sadisme Seks)
Kerap dipanggil ‘Butcher of Rostov (Tukang daging Rostov), The Red Ripper, atau The Rostov Ripper. Ia membunuh setidaknya 52 wanita dan anak-anak pada rentang tahun 1978 – 1990. Chikatilo pertama kali membunuh seorang gadis berusia 9 tahun pada 1979 .
Saat itulah ia menyadari bahwa dia hanya bisa mencapai kepuasan seks dengan menusuk dan melukai wanita hingga meninggal. Sering keluar masuk penjara, Chikatilo akhirnya terbukti bersalah pada tahun 1992 dan dihukum mati dengan tembakan pada tahun 1994.
9. Richard Trenton Chase (Vampir Sacramento)
Pemilik julukan The Vampire of Sacramento (Vampir Sacramento) ini terkenal karena ia meminum darah dan memakan bagian tubuh para korbannya. Ia membunuh 6 orang selama 6 bulan di California pada tahun 1977.
Chase membunuh 6 orang, di antaranya 2 anak-anak, dan memperkosa mayat mereka. Ia juga meminum dan mandi dengan darah mereka. Ia divonis mati, namun bunuh diri pada tahun 1980 sebelum hukuman tersebut dilaksanakan.
10. Ted Bundy (Pengoleksi ‘Suvenir’)
Lelaki tampan yang tampak begitu ramah dan kharismatik . Namun pada rentang tahun 1974-1978 (4 tahun), Bundy menculik dan membunuh 30 orang perempuan muda! Tentu saja ini adalah jumlah yang diketahui polisi, namun diyakini para ahli, ia telah membunuh lebih banyak lagi. Untuk mengelabui para korbannya, ia seringkali pura-pura cacat.
Namun terkadang ia tak segan menerobos ke rumah korban dan memukuli mereka hingga meninggal. Setelah itu ia memperkosa, menyiksa dan memutilasi mereka, dan kerap menyimpan ‘suvenir’ dari bagian tubuh mereka. Ia dihukum mati dengan kursi listrik pada Januari 1989 di Starke, Florida.
11. John Wayne Gacy (Sang Badut Pembunuh)
Melakukan pelecehan seksual dengan korban yang tak terhitung jumlahnya. Ia ditangkap pada tahun 1968 saat melecehkan dua laki-laki muda, dan divonis 10 tahun penjara. Namun karena perilakunya yang baik sebagai tahanan, ia bebas bersyarat hanya 18 bulan setelahnya.
Pasca dibebaskan, ia tampak membaktikan diri untuk kegiatan sosial. Ia kerap mengenakan kostum Pogo the Clown dan menjadi sukarelawan acara-acara anak, parade, dan perkumpulan-perkumpulan lain. Ia menjadi pebisnis sukses yang disukai tetangga. Namun siapa sangka, di balik kostumnya, selama 6 tahun sejak bebas, ia membunuh 33 lelaki muda. Ia mengajak (atau menipu) para gigolo dan laki-laki muda lain untuk ikut ke rumahnya, lalu menyiksa, memperkosa dan membunuh mereka. Tahun 1994, John akhirnya dihukum mati atas perbuatannya ini.
12. Jeffrey Dahmer (Pecinta Mayat)
Salah satu pembunuh berantai dengan kasus paling mengerikan di sepanjang sejarah Amerika Serikat. Ia membunuh 17 laki-laki. Lebih buruk lagi, pembunuhan yang ia lakukan melibatkan tindakan pemerkosaan, mutilasi, necrophilia (berhubungan seks dengan mayat) dan kanibalisme.
Dahmer akhirnya diadili dan dijebloskan ke Columbia Correctional Institution. Pada 28 November 1994, ia dihajar hingga tewas oleh rekan sesama tahanannya.

13. Very Idam Henyansyah (Ryan)

Berawal dari terungkapnya sebuah kasus mutilasi di Jakarta pada pertengahan Juli 2008, polisi menemukan hubungan dengan hilangnya 10 orang lain di Jombang. Very Idam Henyansyah alias Ryan ditetapkan sebagai tersangka oleh polisi atas kasus mutilasi yang menimpa Ir. Heri Santoso tersebut.

Ketika akan ditangkap dalam kasus pembunuhan dan mutilasi Heri Santoso, Ryan mengaku bernama Vincent. Setelah ditekan penyidik, barulah ia mengaku bernama Ryan. Belakangan diketahui, Vincent adalah salah satu korbannya yang dibunuh dan dikubur di Jombang. Korban lainnya yang dihabisi di Jombang adalah Ariel Somba Sitanggang, Guntur, dan Brandy yang warga negara Belanda. Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Depok, Senin, 06 April 2009, menjatuhkan hukuman mati bagi Very Idham Henyansyah alias Ryan bin Ahmad, karena terbukti bersalah melakukan pembunuhan dengan mutilasi atas Hery Santoso.

14. Dukun AS
Selama ini apakah kalian pernah mendengar nama Dukun AS? Ya, Dukun AS alias Ahmad Suradji memang berasa dari Indonesia, tepatnya di Medan . Nama Dukun AS begitu populer setelah membunuh 42 wanita sebelum akhirnya dihukum mati. Kepada polisi, ia mengaku bermimpi mendapat perintah oleh ayahnya untuk membunuh 70 wanita dan meminum air liurnya . Vonis hukuman mati, telah dieksekusi pada 2008. namun sampai kematiannya dia tetap menyangkal tidak bersalah.
Kini, berdasar informasi yang diterima, beberapa nama yang disebut ikut terbunuh ternyata masih hidup, yang ternyata tengah bekerja di Malaysia. Karena mengaku tidak bersalah, Suraji yang memiliki tiga isteri (termasuk Tumini, yang dihukum penjara seumur hidup di LP Wanita, red)  dan ayah sembilan anak itu, hanya mengajukan PK apalagi berdasar keterangan pengacaranya, ditemukan bukti baru .
15. Yang Xinhai
Pada urutan yang kelimabelas ini tak kalah brutal lagi jika dibanding dengan dukun AS, sebab ia telah membantai semua orang yang ada di sana dengan kapak, pisau daging, palu atau sekop? Masyarakat Negeri Tirai Bambu China pernah dihantui perasaan takut sebelum tahun 2004 .
Pada tahun 2004 Sang Pelaku yang bernama Yang Xinhai ini akhirnya berhasil ditangkap oleh pihak kepolisian dan dieksekusi tepat pada bulan Februari . Kebrutalan Xinhai ini membuat publik menjulukinya sebagai Monster Killer.
16. Alexander Pichuskin
Alexander Pichushkin, namanya begitu ditakuti sekaligus di Rusia. Betapa tidak, Alexander mengaku telah membunuh 62 orang semasa hidupnya . Uniknya, pengadilan justru mencatat ia ‘hanya’ membunuh 60 nyawa. Ternyata, dua korban Alexander masih hidup tanpa diketahui olehnya .
17. Anatoly Onoprienko
Saking buasnya, Anatoly Onoprienko dijuluki publik sebagai The Beast of Ukraine dan The Terminator. Berbeda dengan pembunuh berantai lainnya, Anatoly melakukannya di rentang waktu yang berbeda.
Anatoly diduga telah membunuh sembilan orang pada tahun 1989. Kemudian ia melanjutkannya dengan membunuh 43 orang pada tahun 1995 hingga 1996.
18. Luis Garavito
Kurang brutal apa Si Luis Garavito? Pria Kolombia ini merupakan pembunuh anak-anak, pemerkosa dan tega menyiksa korbannya sebelum dibunuh . Garavito dinyatakan bersalah oleh pengadilan setelah membunuh 138 orang.
Namun banyak juga yang meyakini korban pembunuhan Garavito dua kali lipat lebih dari jumlah yang diumumkan pada publik. Namun kasus Garavito baru terungkap pada tahun 1999. Sebagian besar korban Garavito diantaranya adalah para petani dan anak-anak jalanan yang masih berusia di bawah 16 tahun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s