Image

Insiden penerbangan luar angkasa! {SOVIET&USA}

Sudah ada beberapa insiden dan kecelakaan yang berkaitan dengan penerbangan luar angkasa (Spaceflight), secara umum, 18 Astronaut dan Kosmonaut tewas dalam insiden Spaceflight. Sebagai tambahan, ada beberapa insiden yang berkaitan dengan luar angkasa(misalnya sedang latihan/sedang ujicoba) seperti Apollo 1 yang meledak di Launch pad .

Soyuz 1

Kosmonaut : Vladimir Komarov
Waktu Peluncuran : 23 April, 1967 00:35:00 UTC
Waktu Berakhir : 24 April, 1967 03:22:52 UTC
Landing Site : 51.3615°N 59.5622°E
Misi 1 hari ini benar-benar gagal karena Jenis Spacecraft yang baru ini, Kejadian ini terjadi karena parasut Soyuz 1 tidak terbuka secara benar pada saat re-entry ke bumi, hasilnya, Spacecraft jenis baru ini mendarat dalam keadaan yang tidak bisa dibedakan lagi antara abu spacecraft sama abu manusia

Kata-Kata terakhir Vladimir Komarov

 Vladimir Komarov

Ini Abunya Komarov
Soyuz 11
Kosmonaut : Georgi Dobrovolski, Viktor Patsayev, Vladislav Volkov
Waktu Peluncuran : 6 Juni, 1971, 07:55:09 UTC
Waktu Berakhir : 30 Juni, 1971, 02:16:52 UTC
Landing Site : 47.35663°N 70.12142°E

Kru dari Soyuz 11 terbunuh setelah “undocking” dari Stasiun Luar Angkasa, Salyut 1, insiden ini terjadi karena katup ventilasi kabin dari Soyuz 11 secara tidak sengaja terbuka.
Mulanya, re-entry berjalan normal, namun ketika tim penyelamat datang (jaman dulu, landing spacecraft sebelum ada space shuttle tuh di laut, di daerah2 yang tidak terjamah, dll) Tim penyelamat menemukan bahwa ketiga kru Soyuz 11 tewas, diperkirakan, kru soyuz 11 tewas dalam ketinggian 100km dari bumi (Kejadian Soyuz 11 hanya satu-satunya kejadian fatal yang terjadi di luar angkasa)

jadi, ketika masuk lagi ke bumi, Ventilasi Soyuz 11 secara tidak sengaja terbuka, kebayang kan, dalam kecepatan tinggi, dalam panas yang ga kira-kira yang dihasilkan dari gesekan, tiba-tiba ada yang terbuka, ini bukan cara kematian yang ane harapkan

 foto kru yang tidak pernah pulang
 STS 51-L (Challenger)
Astronaut :Francis R. Scobee, Michael J. Smith, Ellison S. Onizuka, Judith A. Resnik, Ronald E. McNair, Gregory B.Jarvis, S. Christa McAuliffe
Waktu Peluncuran : 28 Januari, 1986, 16:38:00 UTC
Waktu Berakhir : (Direncanakan) 3 Februari, 1986, 17:12 UTC
Landing Site : (Direncanakan) Kennedy Space Center

Siapa yang gak tau Challanger? Ini adalah insiden dalam Pelaksanaan Misi pertama yang dialami oleh Amerika, Challanger STS-51L meledak dalam 73 detik setelah lepas landas.
Hal ini terjadi karena Cincin O-Ring yang berfungsi mensegel gas gagal, sehingga gas panas dari Rocket Peluncur mengenai booster dari Roket tersebut, hasilnya? Pesawat Ulang Alik ini berhasil mengudara selama 73 detik sebelum akhirnya meledak

 The Crew
 Ledakan

Rekaman ledakan dan detik2 terakhir challanger

STS-107 Columbia
Astronaut : Rick D. Husband, William C. McCool, David M. Brown, Kalpana Chawla, Michael P. Anderson, Laurel B. Clark, Ilan Ramon
Waktu Peluncuran : 16 January 2003 15:39:00 UTC
Waktu Berakhir : 1 February 2003, 13:59:32 UTC
Landing Site : (Direncanakan) Kennedy Space Center
Saat peluncuran, busa dari tangki bensin menembus bagian bawah Pesawat ulang-alik, hal ini tidak diketahui oleh siapapun, karena hal ini dibiarkan, Busa tersebut menembus bagian sayap kiri pesawat sehingga sayap kiri tersebut berlubang.
Akhirnya, pada saat Re-entry, Panas yang dihasilkan atmosfir membuat pesawat menjadi tidak stabil, diperparah lagi karena lubang yang terdapat disayap kiri, pada akhirnya, pesawat Columbia tersebut benar-benar kehilangan kendali, Rick Husband dan Willie McCool tetap memperjuangkan pesawat tersebut hingga akhirnya, semua Kru Tewas.

Ps. NASA telah mengetahui bahwa busa telah menabrak bagian bawah pesawat, namun hal ini diabaikan.

The Crew
 Saat Re-Entry
Crash
 Apollo 1
Astonaut : Roger Chaffee, Ed White dan Gus Grissom
Waktu Peluncuran : (Direncanakan) February 21, 1967
Durasi Misi : (Direncanakan) 2 Minggu
Landing Site : –
Dalam Tes peluncuran, Komunikasi antara pesawat dan NASA terhambat, sehingga Gus Grissom berkata “Bagaimana kita bisa mencapai bulan jika berkomunikasi saja susah” perkataan ini akan menjadi kata yang akan selalu diingat oleh NASA.
Dalam perhitungan mundur, tepatnya pukul 6:31PM, terdengar perkataan yang sangat menyeramkan dari Spacecraft, “Fire”
Para kru berusaha keluar dari Spacecraft, namun karena panas luar biasa, pintu menjadi sulit terbuka, Pada Akhirnya, pintu tersebut terbuka, namun semua telah terlambat.
the crew
 Kebakaran

Gambar pakaiannya kru apollo 1 habis terbakar

 Apollo 13
Astronaut : James A. Lovell, John L. “Jack” Swigert, dan Fred W. Haise
Waktu Peluncuran : April 11, 1970
19:13:00 UTC
Waktu Berakhir : April 17, 1970
18:07:41 UTC
Landing Site : Samudra Pasifik Selatan
Misi : [Dibatalkan] Mendarat di Fra Mauro (Bulan)

Apollo 13, peluncuran yang tidak populer karena NASA sebelumnya telah meluncurkan Apollo 11 dan Apollo 12, sehingga masyarakat merasa bosan dengan pendaratan di bulan.
Tiba-tiba 320.000km Dari Bumi, Para Astronaut mendengar suara ‘BANG” yang sangat keras, mereka mengira, bahwa Asteroid telah menabrak Lunar Module mereka.
Lovell berkata kepada Mission Control, “Houston, We’ve had a problem” (Houston, kita mengalami masalah), Pernyataan ini nantinya akan menjadi sangat populer
Sebenarnya, Tank Oksigen nomor 2 telah meledak, Kebayang kan oksigen meledak? nah, akhirna, Para astronaut menggunakan Lunar Module yang seharusnya digunakan untuk mendarat di Bulan untuk kembali ke Bumi, mereka menggunakan gravitasi untuk kembali ke Bumi, ceritanya, ni astronaut sempet mengelilingi bulan sebelum akhirnya kembali ke Bumi menggunakan gaya Gravitasi.

The Crew
Explosion
Mission Control
bahagia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s