Image

Foto-Foto Parahnya Polusi di China

Sejak awal tahun 2013, China dihantam isu polusi yang cukup parah. Namun beberapa bulan terakhir, kondisinya kian mengkahwatirkan. Data dari mashable.com menyebutkan bahwa Senin (1/12) lalu tingkat polusi makin meningkat parah namun mencapai titik tertingginya pada Jumat (6/12) lalu.
Akibat tingginya polusi ini aktivitas sejumlah warga lumpuh. Sejumlah warga mengalami kesulitan bernafas dan melihat. Beberapa bangunan yang sedang dalam proses pengerjaan, termasuk event akbar olah raga juga dibatalkan. Sekolah meliburkan para murid dan karyawannya, serta sejumlah sistem transportasi pun terpaksa ditutup. Pemerintahan China mewajibkan semua warga yang tinggal di area berpolusi untuk mengenakan masker dan tidak banyak keluar rumah.

Polusi ini diakibatkan oleh tingginya penggunaan batu bara, emisi dari kendaraan dan industri, serta pola cuaca yang tidak biasa. Konsentrasi udara kotor sudah mencapai titik 250 mikrograms per meter kubik dimana seharusnya konsentrasi udara kotor hanya berada di angka 25. Ngeri kan?.

Dikutip dari mashable.com, berikut ini sejumlah foto-foto yang menggambarkan serammya dampak polusi di China yang mengakibatkan sebagian besar wilayah China tertutup kabut.

 1. Proyek Mandek

Salah satu dampak yang dirasakan akibat tebalnya kabut polusi di China adalah beberapa proyek konstruksi harus berhenti di tengah jalan. Transportasi bahan baku yang terhambat serta kondisi kerja yang tidak memungkinkan menjadi dua penyebab utama berhentinya beberapa pekerjaan berat di sejumlah wilayah di China. Akibatnya, perusahaan harus menanggung kerugian miliaran.

2 Lalu lintas jadi Buram

Tebalnya kabut polusi di China membuat jarak pandang terhadap lampu dan rambu lalu lintas pun menjadi berkurang. Pemerintah China pun akhirnya mengeluarkan imbauan bagi para warganya untuk mengurangi aktivitas lalu lintas. Sejak kabut tebal mulai menyerang China, angka kecelakaan lalu lintas pun ikut meningkat.

3. Taman Sepi

Di hari biasa, sejumlah landmark atau tempat-tempat ikonik di China ramai dikunjungi warganya. Biasanya mereka kerap berkumpul di taman untuk bersantai dan membuang waktu. Namun sejak adanya kabut tebal, sejumlah kawasan ramai di China menjadi lebih sepi dari biasanya.

4. Ada yg Menikmati Kabut

Kawasan ini beruntung karena tidak terlalu terkena serangan kabut. Sejumlah warganya pun masih beraktivitas seperti biasa dan bisa menikmati pemandangan di taman sekitar. Walaupun tentunya mereka memilih untuk tidak berlama-lama di luar rumah karena kondisi udara yang berbahaya bagi kesehatan.

5. Mana mataharinya ? 

Kabut tebal juga menghalangi masuknya sinar matahari ke bumi. Akibatnya, sejumlah piranti yang mengandalkan tenaga matahari pun tidak bisa beroperasi. Pemerintah China telah berjanji untuk mengatasi polusi udara ini namun hingga kini usahanya masih menemui jalan buntu.

6. Tetep melakukan aktivitas biasa

Sejak kabut di China makin parah dan meluas, pemerintah telah mengeluarkan imbauan bagi warganya untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Sejumlah perkantoran dan sekilah terpaksa diliburkan hingga kondisi mulai membaik.

Namun hal ini rupanya tidak berlaku bagi beberapa daerah di China. Tak peduli dengan kabut tebal, mereka tetap harus menjalani aktivitas seperti biasa.

7. Bahaya bagi pejalan Kaki

Salah satu hal yang juga harus diwaspadai akibat kabut ini adalah angka kecelakaan bagi pejalan kaki. Para pejalan kaki yang tetap ingin beraktivitas khususnya di malam hari diimbau mengenakan pakaian berwarna cerah atau mencolok untuk menandai diri mereka di tengah kabut sehingga mengurangi risiko kecelakaan bagi pejalan kaki.

8. Shanghai di malah Hari

Di hari-hari biasa, Shanghai di malam hari adalah kota dengan pemandangan gemerlap lampu kota yang cantik. Namun seiring munculnya kabut tebal di China, pemandangan Shanghai di malam hari sedikit berbeda.

 9. Wajib pake Masker

Kini, masker menjadi salah satu kostum wajib di China. Semakin tebal dan higienis masker yang digunakan semakin baik untuk melindungi kesehatan. Adanya masker ini pun tidak menjadi gangguan bagi para warga China untuk beraktivitas. Terbukti, banyak warga China yang tetap pede berpose dengan maskernya.

10. Buta Jam

Apakah kamu tipikal orang yang suka menentukan waktu berdasarkan warna langit? Kalau iya, maka hal itu tidak bisa kamu lakukan untuk sementara ini di China.

11. Tambahan 
Beijing

“The city’s air quality is often poor, especially in winter when stagnant weather patterns combine with an increase in coal-burning to exacerbate other forms of pollution and create periods of heavy smog for days at a time.”

Sumber :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s