Image

8 Pulau buatan manusia yang tersebar di dunia

Tuhan sudah menciptakan seluruh bumi dan isinya ini untuk kehidupan umat manusia. Namun semakin berkembangnya manusia, membuat populasi mereka menjadi membengkak dan bukan tak mungkin lahan di dunia tak muat.

Mungkin karena alasan itulah ada orang-orang yang dikaruniai kecerdasan sampai membuat pulau buatan di berbagai belahan bumi ini. Dengan bentuk yang unik, pulau-pulau buatan itu digunakan sebagai tempat tinggal!

1. Umi Hotaru – Jepang


Teluk Tokyo Aqua-Line adalah salah satu jalur lintas cepat yang menghubungkan Kawasaki, Kanagawa, dan Kisarazu di Chiba. Istimewanya, di persimpangan jalur itu dibuat sebuah terowongan bawah air dan jembatan. Terowongan bawah air itu diberi nama Aqua-Tunnel sengan panjang 9,6 km dan di ujungnya ada pulau buatan sangat besar bernama Umi Hotaru 

2. Pulau Spiral – Meksiko (Pulau Botol Plastik)

Jika kamu tak bisa membeli sebuah pulau tropis, mengapa tak kamu buat sendiri saja? Hal itu yang dilakukan Richie Sowa pada tahun 1998 silam. Menggunakan lebih dari seperempat juta botol plastik. Pulau yang diberi nama pulau Spiral itu kemudian hancur dua tahun kemudian karena badai. Tapi Sowa rupanya ingin membangun kembali dan berkeinginan bisa berkeliling dunia dengan pulau buatannya itu. 

3. Mexcaltitan – Meksiko

Mexcaltitán adalah sebuah pulau buatan kecil yang berada di lepas pantai negara bagian Meksiko, Nayarit.Legenda menyatakan bahwa itu milik Aztlan dari suku Aztec. Namun kini pulau Mexcaltitán menjadi obyek wisata.  Mau ke sana? Kamu bisa menaiki perahu dari La Batanza atau sekitar 40 km dari Santiago, Ixcuintla.

4. Pulau Dunia – Uni Emirat Arab

Proyek World Island ini merupakan gabungan dari sekitar 300 pulau buatan yang merupakan penggambaran akan gugusan pulau dan benua di bumi ini. Berada 6 km lepas pantai dari Dubai, pulau ini akan mengambil lokasi 55 km persegi. Saat pulau ini sudah dibangun seluruhnya, kamu bisa melihat dunia dalam versi mini. 

5. Pulau Khazar – Azerbaijan


Pulau Khazar ini juga dikenal dengan kepulauan Kaspia yang terdiri dari 41 pulau buatan. Terlerak 25 km dari Baku, pulau buatan ini mengambil lokasi 3.000 hektar di atas laut Kaspia. Pengembang pulau buatan ini akan membangun satu juga rumah tinggal, 150 sekolah, 50 rumah sakit, taman bermain, pusat perbelanjaan dan budaya, universitas sampai jalur balap Formula 1. Bahkan Menara Azerbaijan yang akan menjadi menara tertinggi di dunia akan dibangun dengan biaya USD 2 miliar (Rp 19,6 triliun). 

6. No Man’s Land Fort – Inggris

Pulau ini disebut sebagai sebuah pulau yang cocok untuk musuh utama agen rahasia terkenal Inggris, James Bond. Terletak di lepas pantai Inggris, pulau ini dikelilingi tembok menjulang berlapis baja. Pada era Victoria, pulau ini dibangun untuk melawan serangan angkatan laut Perancis. Namun saat ini menjadi hotel mewah dengan 21 kamar, 2 helipad, dan kolam renang.

7. Pulau Orsos – Austria

Apakah kamu ingin hidup terasing dalam sebuah pulau pribadi namun tak mau tinggal diam di satu tempat? Sebuah perusahaan Austria bisa mengabulkan keinginanmu. Pulau buatan ini bisa mengambang dan memiliki dua mesin diesel yang bisa membuatnya bergerak. Pulau Orsos ini tak lain seperti kapal pesiar yang berbentuk pulau. Berminat memiliki? Siapkan uang sekitar USD 6,5 juta (Rp 63 miliar). 

8. Pulau Real Madrid – Uni Emirat Arab

Pada tahun 2012, tim sepakbola Spanyol yakni Real Madrid mengumumkan akan membangun sebuah resort mewah seharga USD 1 miliar (Rp 9,8 tiriliun) di Uni Emirat Arab. Digambarkan resort itu nanti akan memiliki taman hiburan untuk fans fanatik sepakbola dengan dua hotel bertingkat tinggi, villa yang mewah, stadion sepakbola pinggir laut dan museum Real Madrid.

Sumber :

http://www.kapanlagi.com/plus/pulau-pulau-buatan-manusia-ini-tersebar-di-dunia-lhoh-c8922e-8.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s