Image

5 Danau Lava Paling Eksotis Didunia Yang Sangat Langka Ditemukan

Alam memang seakan tidak ada habisnya untuk dijelajahi para umat manusia

Apa yg anda lihat dari cahaya di dalam sebuah kawah pada gambar diatas memang sebenarnya adalah sebuah danau lava. Danau lava yang bisa bertahan lama sangatlah sulit ditemui di dunia ini, karna sebuah danau lava membutuhkan setidaknya satu gunung berapi yg masih aktif dan masih mengeluarkan letusan lava aktif.

Maka dari itu untuk saat ini hanya ada 5 danau lava yg ada didunia ini yaitu : Erta Ale di Ethiopia, Nyiragongo di Republik Demokratik Kongo, Kilauea di Haiwaii, Gunung Erebus di Antarktika, Villarrica di Chili. Danau-danau lava tersebut dapat terbentuk di lubang angin atau kawah gunung berapi yang mengandung banyak cairan lava.
 1. Nyiragongo, Republik Kongo.

Nyiragongo mungkin adalah kawah lava paling kejam di dunia yang disebabkan oleh aktivitas gunung Nyiragongo dan menyebabkan sering terjadi letusan-letusan gunung berapi, terbentuk dari retakan kerak bumi di mana merupakan bagian pecahan lempeng Afrika. Nyiragongo adalah Stratovolcano (lihat wikipedia), yang menjulang tinggi dengan puncak kawah utamanya berkedalaman 250 m dan lebar 2 km . Letusan utama dimulai pada 17 Januari 2002, yang menyebabkan 500.000 orang kehilangan tempat tinggal dan aliran lavanya bahkan sampai di kota Goma, yang terletak 20 km jauhnya.

 Nyiragongo Bubbling (Video):
 2. Erta Ale, Ethiopia.

Erta Ale gunung berapi dengan kawah lava setinggi 613 m, berbentuk perisai dan terisolasi tepat di atas Rift Afrika Timur. Gunung berapi perisai mendapatkan nama mereka dari sudut rendah profil yang menyerupai perisai prajurit. Ethiopia Erta Ale adalah gunung berapi yang paling aktif. Danau lava berada di puncak dan merupakan kawah lava terpanjang di dunia dan tertua, seperti yang telah hadir sejak awal abad lalu. Erta Ale terletak di Depresi Afar, sebuah daerah gurun di perbatasan ke Eritrea. Gunung berapi tersebut mengeluarkan letusan besar terakhir pada 25 September 2005.

Here is a helicopter view, taken in February 1994, of the active lava lake. The red patches inside the crater are molten lava that is breaking through the lava lake’s solidified, black crust. The two red dots at the rim are volcanists in protective gear and helmets taking in the incredible sight.

Here’s a close-up of Erta Ale’s red hot lava cauldron with gas eruptions.

 3. Kilauea di Haiwaii

Kilauea adalah gunung api termuda dan mungkin juga merupakan salah satu gunung berapi yang paling aktif, terus menerus memuntahkan lahar sejak 3 Januari 1983. Tidak mengherankan jika kemudian terdapat mitos yang merupakan tempat para dewa, karena itu adalah rumah Pele, dewa gunung berapi Hawaii. Dia adalah salah satu dewa yang marah ketika setiap terjadi letusan masyarakat sekitar menganggap dia dalam suasana hati yang buruk. Kilauea ( “memuntahkan” dalam bahasa Hawaii) adalah salah satu dari lima gunung berapi yang membentuk perisai pulau Hawaii.

Here’s an even closer shot of a wall of lava from Kilauea.

spectacular view of Mount Kilauea’s eruption.

 Kilauea Volcanic Erupts (Video)

Gunung Erebus ulau Ross di Antartika dikatakan seperti ungkapan “api dan es”. Gunung setinggi 3.794 m ini merupakan gunung berapi bertipe Stratovolcano dan mengeluarkan Letusan terakhir pada tahun 2008 dan masih terus terjadi. Gunung Erebus adalah bagian dari dunia selatan gunung berapi aktif dan bagian dari Cincin Api Pasifik, sebuah kumpulan lebih dari 160 gunung berapi aktif. Dinamai demikian berdasarkan namasuatu dewa yunani “Erebus” yang berarti “kegelapan” dan yang merupakan putra dewa Chaos.

Mount Erebus’ impressive smoking crater.

Mount Erebus and an unimpressed observer

Erebus Erupt 2007 (Video)
 5.Villarrica, Chili

Villarrica’s, memiliki kawah dengan panjang 250 m dan kedalaman 100 m, relatif kecil dan mungkin telah menyusut lebih lanjut sejak kegiatan puncaknya pada bulan November 2004, ketika para pendaki ke puncak gunung berapi tersebut kawah lava tersebut. Villarrica adalah gunung dengan ketinggian 2.847 m dpl dan biasanya tertutup salju dan merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di chili.

Here’s looking at you, kid! Eye-to-eye with Villarrica’s crater lake.

A spectacular image of Villarrica’s lava fountain.

Villarica Erupt 2005-2006 (Video)

Finally, the best Villarrica eruption videos of 2005 to 2006 from the Observation Project of Villarrica

Sumber :

http://scribol.com/travel/5-most-incredible-lava-lakes-on-earth

http://blognya.dihap.us/09/11/2009/5-kawah-lava-paling-spektakuler-di-dunia.aspx

For Pict :  google & volcano discovery

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s