Aside

Sejak munculnya robot, kerja bersama antara manusia dan mesin telah dimulai. Namun, seiring berkembangnya robot menjadi lebih berteknologi maju dan otonom, mereka belajar bagaimana melakukan pekerjaan lebih cepat dan lebih baik daripada manusia.
Presisi mereka, kecerdasan dan tingkat energi tak berujung membuat mereka menjadi karyawan yang sempurna untuk berbagai pekerjaan yang manusia tidak mampu untuk melakukannya.
Berikut beberapa hal yang bisa dikerjakan oleh robot namun tak bisa dikerjakan oleh manusia

Bidang Militer

Robot Militer adalah beberapa robot berteknologi paling tinggi dan penting digunakan saat ini. Mesin ini menyelamatkan hidup dengan melakukan tugas yang sangat berbahaya tanpa membahayakan manusia. Beberapa robot yang umum digunakan oleh militer adalah robot Explosive Ordinance Disposal (EOD), yang mampu memeriksa paket mencurigakan dan sekitarnya untuk mencari dan bahkan menonaktifkan alat peledak improvisasi (IED) dan pertambangan. Mereka bahkan dapat memberikan tata cara untuk pemeriksaan dan peledakan yang tepat. Militer juga menggunakan kendaraan udara tanpa awak untuk misi pengintaian ruang lingkup musuh

Produksi Mobil

Robot digunakan dalam industri otomotif untuk membantu merangkai mobil. Mesin-mesin bertenaga tinggi memiliki lengan mekanis dengan alat, roda dan sensor yang membuat mereka ideal untuk pekerjaan perakitan. Robot tidak hanya menghemat biaya produksi, tetapi mereka juga melakukan tugas-tugas sulit pada kecepatan yang manusia tidak mungkin bisa melakukannya.

Robot juga membuat manufaktur mobil lebih aman karena mereka dapat mengambil pekerjaan yang berbahaya dan sulit bagi manusia. Robot industri otomotif mampu menjalankan berbagai tugas-tugas seperti instalasi, pengecatan dan pengelasan, dan tidak dibatasi oleh risiko kelelahan atau kesehatan, sehingga memakai mereka merupakan bagian yang sangat berguna dan tak tergantikan dalam produksi mobil

Penjelajahan Ruang Angkasa

Salah satu hal yang paling menakjubkan dari robotika adalah penggunaan robot di ruang angkasa. Seni berbentuk mesin ini memberi astronot kesempatan untuk menjelajahi ruang angkasa dengan cara yang paling tidak terbayangkan.
Robot ruang angkasa yang paling umum digunakan adalah Remotely Operated Vehicle (ROV) dan Remote Manipulator System (RMS), yang keduanya digunakan dalam berbagai misi ruang angkasa. ROVs bisa menjadi pesawat luar angkasa tak berawak yang mengorbit bebas atau mendarat bila tanah tersebut membuat kontak dengan permukaan luar angkasa lalu menjelajahi permukaannya. Keduanya menangkap data yang luar biasa dan rekaman visual yang manusia takkan pernah mungkin mendaopatkannya tanpa bantuan dari robot. Lengan mekanik RMS juga membantu astronot melakukan tugas yang sangat penting dan sulit selama misi ruang angkasa

Operasi Bedah Minimal Invasif Jarak Jauh

Robot bantu bedah telah benar-benar mengubah wajah kedokteran dengan memperluas kemampuan ahli bedah dengan cara-cara yg tak bisa manusia lakukan. Robot bedah yang diarahkan oleh ahli bedah manusia yang menggunakan komputer untuk memindahkan konsol instrumen yang melekat pada lengan robot. Gerakan Dokter bedah lalu diterjemahkan oleh komputer dan kemudian digerakkan pada pasien melalui robot.
Robot bedah kini begitu maju hingga memungkinkan bagi ahli bedah untuk melakukan operasi jarak jauh tanpa secara fisik berada di dalam ruang operasi atau bahkan di negara yang sama! Robot bantu operasi telah meningkatkan keterbatasan operasi minimal invasif dan memiliki banyak keuntungan dibandingkan bedah terbuka tradisional, termasuk presisi yang lebih besar, potongan kecil, sedikit rasa sakit dan penurunan kehilangan darah. Bedah robot, seperti da Vinci Surgical System, digunakan untuk ginekologi, kolorektal, prostat, operasi kanker tenggorokan, serta operasi bariatrik, angioplasti dan operasi bypass

Eksplorasi Bawah Air

Robot Bawah Air secara radikal telah mengubah cara kita melihat dunia dari dasar laut. Robot Bawah Air dapat menyelam lebih lama dan lebih dalam daripada semua manusia yg ada di dunia, dan mereka memberikan gambaran dekat dan jelas kehidupan di laut.
Mesin menakjubkan ini dilengkapi dengan sensor, high-definition kamera, roda dan teknologi lainnya untuk membantu para ilmuwan ketika mereka mengeksplorasi dermaga, dasar laut, bendungan, perut kapal dan permukaan lainnya. Robot bawah laut yang paling umum digunakan saat ini adalah kendaraan yang dioperasikan jarak jauh (ROVs) yang dikendalikan oleh manusia duduk di pusat komando. ROVs dihubungkan dengan kabel pada kapal dan alat yang terbaik untuk mengumpulkan data dan gambar kehidupan bawah air

Membersihkan Saluran

Pembersihan Saluran dilakukan dengan sangat baik oleh robot yang sebenarnya bisa masuk ke ruang-ruang yang berbahaya dan ketat. Robot mampu melakukan pembersihan yg lebih efektif dan efisien daripada pembersihan manual. Ini juga lebih aman untuk pasar industri dan institusi untuk menggunakan robot karena pekerja tidak terpapar bahan kimia berbahaya atau enzim yang berasal dari debu tungau.
Robot pembersih saluran digunakan di rumah sakit dan gedung-gedung pemerintah yang mungkin memiliki lingkungan yang berbahaya atau terkontaminasi, serta kedutaan besar dan penjara untuk membersihkan lebih cepat dan lebih aman. Menggunakan jasa pembersihkan saluran oleh robot terbukti lebih cepat, lebih aman, lebih murah dan lebih efektif tanpa memerlukan manusia

Melawan Tindak Kriminal

Robot Polisi membantu memerangi kejahatan tanpa mengabil risiko kehidupan polisi. Petugas penegak hukum menggunakan array robot berteknologi tinggi dan dikendalikan dengan remote control yang dilengkapi dengan kamera depan dan belakang, pencahayaan inframerah dan speaker untuk mencari penjahat dan menemukan lokasi mereka tanpa membahayakan seorang perwira polisi.
Alat seperti robot Robotex yang tahan air, dapat menaiki tangga dan berbalik sendiri juga memiliki kamera 360 derajat untuk membantu menangkap penjahat. Peralatan lainnya, seperti Andros F6-A, digunakan oleh lembaga kepolisian selama situasi sandera. Robot dengan tugas berat mampu menembakani meriam air atau senjata dalam rangka untuk menahan seorang kriminal dan melindungi mereka yang berada dalam bahaya

Memperbaiki Kebocoran Minyak

Seperti kita lihat dalam tumpahan minyak BP 2010, robot memainkan peran penting dalam memperbaiki tumpahan minyak. Robot bawah air digunakan untuk menjelajahi titik tertentu dengan baik dan berinteraksi dengan peralatan yg bermasalah. Insinyur menggunakan kendaraan yang dioperasikan jarak jauh (ROVs) yang menyelam sampai kedalaman jauh dan tenggelam lebih lama daripada manusia.
ROVs adalah kapal selam remote control yang dioperasikan oleh manusia duduk di pusat komando. Ini robot teknologi tinggi yang dihubungkan dengan kabel pada kapal dan digunakan untuk mengumpulkan rekaman video dan informasi dari sensor serat optik yang membantu insinyur lebih memahami masalah dan campur tangan bila perlu. ROVs memiliki lengan-lengan hidrolik dengan alat yang bisa berganti, seperti gergaji dan pemotong, yang digunakan untuk tugas intervensi.
Bahkan setelah kebocoran itu tertutup, robot digunakan untuk berpatroli di sekitar lokasi dan memastikan bahwa kebocoran minyak memang sudah tidak terjadi lagi

Menyelidiki Lingkungan yang Berbahaya

Robot telah menjadi semakin penting untuk menyelidiki dan meneliti lingkungan yang berbahaya dan mengancam nyawa manusia. Robot ini mampu memasuki gunung api aktif untuk mengumpulkan data atau gedung yang terbakar untuk mencari korban.
Robot seperti ini digunakan oleh badan-badan penegak hukum dan departemen pemadam kebakaran untuk membantu menemukan informasi tentang orang-orang terjebak di dalam gedung, dan bahkan memiliki kemampuan untuk mendeteksi granat atau bahan peledak di daerah tersebut.
Robot tak berawak ini juga menyelamatkan nyawa karena mencegah orang untuk memasuki lingkungan berbahaya sebelum mereka menyadari bahayanya

Sektor Pertanian Komersial

Pertanian telah dilakukan oleh manusia sejak awal waktu, tetapi memasuki tahun ke tahun robot telah diperkenalkan ke dunia pertanian komersial. Seperti pekerjaan manufaktur, robot memiliki kemampuan untuk bekerja lebih cepat, lebih lama dan lebih efisien daripada manusia di bidang pertanian.
Robot menghapus faktor manusia dari tenaga kerja ini karena pekerjaan intensif dan sulit. Mereka dapat diajarkan untuk menavigasi melalui lahan pertanian dan memanen sendiri.
Robot juga bisa digunakan untuk kebutuhan hortikultura, seperti pemangkasan, penyiangan, penyemprotan pestisida dan pemantauan pertumbuhan tanaman.

Sumber : http://www.lihat.co.id/2012/12/10-hal-yang-tidak-bisa-manusia-kerjakan.html

 

Hal-Hal Yang Tak Bisa Manusia Lakukan Tanpa Bantuan Robot

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s