Voltitude, Prototype Sepeda Listrik Berdesain Pisau Lipat

SWISS tidak hanya jago dalam membuat pisau lipat terbaik di dunia. Mereka juga menuangkan kepiawaian dalam urusan lipat melipat, pada sebuah sepeda kayuh hybrid listrik yang dinamai Voltitude.

Sepeda kayuh yang dilengkapi baterai dan motor listrik sebagai pembantu pengendara ini memiliki mekanisme unik yang diberi nama EasyFold. Untuk melipat sepeda ini sangat mudah dan cepat. Dengan hanya membutuhkan tak lebih dari satu detik, sepeda ini sudah terlipat dan hanya dilakukan dengan satu tangan.

Sepeda hybrid Voltitude memiliki desain yang mirip pisau lipat Swiss Army datau Victorinox. Setelah terlipat, sepeda ini dibekali tombol khusus yang berfungsi mengaktifkan motor listriknya menggerakkan roda dengan kecepatan setara pejalan kaki, sehingga kendaraan dapat dituntun dan digelindingkan dengan sangat ringan.

Peraturan di Swiss dan kawasan Uni Eropa membatasi kecepatan kendaraan dengan bantuan tenaga listrik seperti ini pada 25 km/jam. Namun beberapa diantaranya dapat mencapai kecepatan yang lebih tinggi jika dibutuhkan. Baterai onboard yang diusungnya sangat ideal untuk menjangkau jarak antara 20 hingga 40 km dalam sekali penyetruman.

Voltitude memiliki jarak sumbu roda 1,087 meter dengan ketinggian sadel dan posisi setang yang setara dengan sepeda standar. Bedanya kendaraan ini memiliki ban seperti skuter yang lebih lebar dengan pusat gravitasi yang rendah.

Sensor onboard-nya berfungsi untuk menentukan berapa banyak listrik yang dibutuhkan untuk membantu pengendaranya meringankan kayuhan lewat motor listrik berdaya 250 watt yang berada di roda belakang. Semakin kuat pengendara mengayuh pedal, semakin banyak tenaga yang ditambahkan pada roda tersebut.

Pasokan listriknya sendiri berasal dri baterai lithium-polymer berkapasitas 9,5Ah dengan tegangan 36 volt. Baterai ini hanya membutuhkan waktu pengisian ulang selama empat jam sampai ia penuh. Baterai ini pula yang mengaktifkan sistem pencahayaan terintegrasi di bagian depan dan belakang menggunakan lampu jenis LED.

Rangka sepeda Voltitude memanfaatkan material aluminium yang ringan namun kuat, begitu juga pada roda-rodanya. Perangkat penghenti lajunya, mengadopsi rem cakram jenis hidrolis. Kendaraan ini dapat dilengkapi dengan rak bagasi di depan maupun belakang. fitur opsi lainnya berupa gearbox sequential dengan 3, 5, atau 8-speed.

Di kawasan Swiss dan Uni Eropa, sepeda Voltitude dianggap sebagai sepeda biasa sehingga tidak diperlukan surat izin mengemudi untuk mengendarainya. Pengendaranya pun tidak diwajibkan mengenakan helm, namun disarankan untuk tetap menggunakan demi keselamatan.

Sepeda unik kreasi Eric and Andre-Marcel Collombin tersebut turut meramaikan kegiatan Geneva Motor Show 2011 dan saat ini telah diproduksi dalam jumlah terbatas untuk konsumen lokal (Swiss). Saat ini telah dibuka untuk pemesanan internasional, namun belum ditentukan berapa harga jualnya. Diperkirakan untuk pesanan di luar Swiss baru akan dimulai pada akhir tahun ini. (OL-07)

Sumber :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s