National Park Hortobágy, Puszta

 Hungary Counties of Borsod-Abaúj-Zemplén, Heves, Hajdú-Bihar and Jász-Nagykun Szolnok N47 35 40.488 E21 9 24.408 Date of Inscription: 1999 Criteria: (iv)(v) Ref: 474rev

National Park Hortobágy, Hungary


Hortobágy merupakan kawasan lindung terbesar, dan padang rumput alami terbesar di Eropa Tengah dengan sapi, domba, sapi, kuda, cenderung diurus oleh gembala, dan menyediakan habitat bagi berbagai spesies yang berbeda (342 jenis burung yang telah terdaftar untuk muncul di puszta tersebut). Jaraknya adalah 800 km ² dari taman nasional di kawasan timur Hungaria, Di puszta, kaya dengan cerita rakyat dan sejarah budaya. Taman, bagian dari Alföld – puszta (Great Plain), ditetapkan sebagai taman nasional pada tahun 1973 (yang pertama di Hungaria), dan dipilih antara situs-situs Warisan Dunia pada tahun 1999.

Taman Nasional Hortobágy – Puszta
telah tertulis di Daftar Warisan Dunia oleh UNESCO pada 1 Desember tahun 1999 dalam kategori lanskap budaya, berdasarkan kriteria iv budaya dan v. Menurut deskripsi singkat yang “itu Hortobágy adalah luas daerah dataran dan lahan basah yang telah digunakan oleh manusia untuk penggembalaan hewan domestik mereka selama lebih dari dua ribu tahun.

 

Banjir rutin Tisza disediakan oleh petani lokal dengan padang rumput yang subur bagi kawanan mereka dan diperbolehkan untuk Ternak Grey Hungaria yang akan diekspor ke Eropa Barat pada abad 16 dan 17. Pentingnya jalan perdagangan ini maka didirikanlah untuk kegiatan ini. Jalan ini kemudian dikenal sebagai “jalan-garam” garam yang diangkut dari tambang garam dari Transylvania. Penginapan di pinggir jalan disebut “csárda” di sepanjang jalan utama dibangun pada akhir abad ke-17 di puszta dan setidaknya empat puluh dari mereka masih ada dalam abad terakhir. Namun, hanya sekitar 5 dari penginapan saat ini ada. Pada tahun-tahun banjir besar-besaran, jembatan menawarkan satu-satunya cara melintasi tanah.

Jembatan Sembilan-Arch dibangun untuk tujuan itu. Pembendungan sungai Tisza dimulai pada tahun 1846 di Tiszadob. Parit di sungai diatur untuk membawa air dari anak sungai yang berkelok-kelok, agar tidak mampu membanjiri tanah dekat dengan sedimen subur, mengakibatkan hilangnya rawa-rawa dan kehilangan irigasi ke Hortobágy. Pengaturan anak sungai, bersama dengan perubahan curah hujan dan suhu, mengarah pada perluasan tanah basa. Upaya untuk mengembalikan kesuburan ke daerah dimulai pada tahun lima puluhan. Saluran buatan diciptakan seluruh dan industri, pertanian terpaksa atas Hortobágy. The “puszta”, dengan hewan nasionalnya, padang rumput, air, flora, fauna, menggembalakan, memancing dan petani gaya hidup menjadi sisa usang dari masa lalu dan kepunahan yang hanya masalah waktu.

The Puszta – Pemandangan, Perjalanan hari, Kegiatan, Atraksi

  • Sepeda tur di puszta (6 jam): Stasiun: rumah penginapan Barat – rawa padang rumput kopi – burung Gores-tanyai penyelesaian pemulangan – Cherry museum csárda
  • Hike: burung Gores-tanyai pemulangan stasiun dan jalur doktrin – Cherry csárda, satu hari.
  • Kolam Ikan Hortobágy: Eropa salah satu yang paling penting aliran air-tempat doktrin jalur informasi yang disediakan dengan papan dan 14 pengintai dapat ditemukan. Aksesibilitas: 33: jalan tinggi 2 km-es pendekatan, yang Hortobágy tambak bercabang Klaim menonton burung dengan menghabiskan waktu sesuai
  • Museum Gembala Hortobágy: Tradisional gembala kehidupan di puszta tersebut. Adegan tentang peternakan dan kehidupan sehari-hari gembala.
  • Museum Körszín : Pameran tentang pengrajin di puszta, Hortobágy
  • Puszta Rare Breeds Park: hewan Domestik di cekungan Carpathian gembala sapi dan Gembala Festival yang diadakan pada Whitsunday setiap tahun.
  • Szálkahalom Alam Trail: Melihat Menara dan gundukan pemakaman “Szálkahalom”, Wind-rem Hutan, Flora dan fauna puszta Dari, alkali dan vegetasi loess PADANG Ternak
  • Air Danau Tisza Trail: 1.500 meter Papan Berjalan ke Danau Lahan Basah, Informasi Tentang flora dan fauna, menyembunyikan dan menonton Dari Menara


Gambar Taman Nasional Hortobagy

 

Pemandangan di daratan rendah Puszta, merupakan sebuah contoh luar biasa dari budaya yang dibentuk oleh masyarakat manusia pastoral, menjaga utuh dan menggunakan adat tradisionalnya selama lebih dari dua ribu tahun dan merupakan interaksi yang harmonis antara manusia dan alam. The Puszta terdiri dari daerah yang luas dari dataran dan lahan basah di Hungaria bagian timur. Membentuk lahan dengan cara tradisional, seperti penggembalaan hewan domestik, telah dikembangkan dalam masyarakat pastoral selama lebih dari dua ribu tahun.

Taman Nasional Hortobágy adalah bagian dari dataran Tisza Hungaria timur. Daerah ini dikelilingi oleh permukiman di selatan, timur dan barat. Dua pemukiman utama adalah Tiszafüred di Sungai Tisza dan kota Debrecen. Keduanya dihubungkan oleh rute punggungan utama bersejarah.

Banyak masyarakat bermigrasi dari timur ke Carpathian Basin di zaman prasejarah. Kelompok nomaden yang tiba sekitar 2000 SM pada akhir Zaman Perunggu adalah yang pertama kali meninggalkan jejak mereka disana dengan berupa gundukan kuburan (kurgans). Dimensi mereka variabel – m 5-10 tinggi dan diameter 20-50 m – dan mereka umumnya conical atau hemispherical. Mereka selalu dapat ditemukan pada lahan kering, tetapi terletak dekat sumber air. Mereka sering digunakan untuk penguburan sekunder oleh masyarakat, dan banyak gereja-gereja Kristen yang dibangun oleh orang Hungaria. Juga ditemukan di taman adalah gundukan rendah (mengatakan) menandaii situs-situs permukiman kuno, yang sekarang telah menghilang. Penyelesaian pada Abad Pertengahan mengikuti rute Debrecen-Tiszafüred. Kelompok utama berada di area yang ditetapkan oleh permukiman yang ada dari Hortobágy, Naghegyes, Náduvdar dan Nagyiván. Catatan Dokumenter telah menunjukkan bahwa banyak dari gereja-gereja telah dibuat oleh mereka.

Hongaria tiba di tempat yang sekarang Hungaria pada akhir abad ke-9 di bawah pemimpin mereka, Arpad. Karena daerah itu ideal untuk peternakan, mereka menduduki daerah di sekitar Sungai Tisza di abad ke-10 dan 11, dan pada abad ke-13 awal terdapat jaringan padat pemukiman, yang ekonomi basisnya adalah pastoralism, di Hortobágy, Rute perdagangan utama adalah rute perdagangan dari Buda melalui Tiszafúred dan Debrecen ke Transylvania.

Dengan depopulasi progresif daerah dari abad ke-14 dan seterusnya, permukiman menghilang. Fitur buatan manusia hanya di dataran lebar Puszta adalah struktur sementara cahaya dari alang-alang dan cabang, digunakan untuk menyediakan tempat penampungan hewan dan musim dingin untuk laki-laki. Struktur yang masih ada satu-satunya adalah bangunan-bangunan yang umum dibangun dari batu, adalah jembatan dan csárdas. Sembilan Arch Bridge di Hortobágy adalah jembatan terpanjang di Hungaria batu. Sebuah jembatan kayu diketahui telah ada sejak abad ke-14 telah diganti pada 1827-1833 oleh struktur yang ada dalam gaya klasik. Jembatan Zádor di bagian selatan Taman Nasional dibangun pada tahun 1809 dengan sembilan lengkungan, tetapi dua sisi dermaga hanyut oleh banjir di Sungai Zádor pada tahun 1830 dan tidak pernah diganti. Para csárdas adalah penginapan provinsi dibangun pada abad 18 dan 19 untuk menyediakan makanan dan penginapan bagi wisatawan.

Csárda khas ini terdiri dari dua bangunan berhadapan satu sama lain, baik tunggal bertingkat dan beratap rumbia atau, kadang-kadang, beratap dengan herpes zoster atau ubin. Sebuah kedai biasanya ditetapkan di sisi jalan dengan mencerca off-counter di ruangan yang memiliki akses ke gudang anggur. Beberapa juga memiliki satu atau dua kamar tamu. Di seberang jalan dari csárda itu penyisihan untuk kuda dan kereta. Yang paling terkenal dari csárdas berada di Balmazújváros (abad ke-18), Hortobágy (pertama kali dibangun pada 1699 dan direkonstruksi pada beberapa kesempatan), Nagyhegyes (awal abad 19), Nagyiván (pertengahan abad ke-18), dan Tiszafüred (c. 1770).

Pada awal abad ke-19, sistem peraturan didirikan, terutama kontrol atas banjir di Sungai Tisza: ini mengakibatkan proses pengeringan lahan basah, yang dikonversi menjadi pertanian subur. Pengurangan air yang tersedia untuk padang rumput alam menurun kesuburan mereka, yang merupakan penyebab berlebihan serius di bagian awal abad ke-20. Upaya yang dilakukan untuk diversifikasi pakai tanah dari Hortobágy, yang paling sukses yang merupakan penciptaan kolam ikan buatan antara 1914 dan 1918 dan lagi pada tahun 1950.

Sumber :

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9123689

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s