Teknologi iRobot : Ground n’ Maritime Robots

iRobot 510 PackBot


Modular, mudah beradaptasi dan diupgrade, 510 PackBot adalah mobile robot taktis yang melakukan beberapa misi sekaligus menjaga tentara dan responden pertama yang keluar dari zona berbahaya

– Bom Disposal / EOD (IED / VBIEDs / UXO)
– Pengawasan / pengintaian
– Pos pemeriksaan / Pemeriksaan / Pendeteksi Bahan Peledak
– Jalur Pemeriksaan
– Explosive Hazard Identification (IED / VBIEDs / UXOs)
– Pendeteksi Materi Berbahaya

Lebih dari 3.000 PackBot robot telah diserahkan kepada kekuatan pertahanan militer dan sipil di seluruh dunia.
Fitur Utama:
>510 PackBot mudah memanjat tangga, berguling pd puing dan menavigasi bagian sempit dengan yakin kaki yang efisien, berjalan pada kecepatan hingga 5,8 kilometer per jam.
>510 PackBot relay real-time video, audio pembacaan sensor dan lainnya sementara operator berada pada jarak yang aman dari pertikain. Operator dapat melihat 2-D atau gambar 3-D dari robot pada unit kontrol, yang memungkinkan untuk penentuan posisi yang tepat. PackBot juga dilengkapi dengan controller tangan gaya permainan untuk pelatihan lebih cepat dan operasi lebih mudah di lapangan.
>510 PackBot bisa dibawa tangan dan digunakan oleh satu orang dalam waktu kurang dari dua menit. Tidak ada peralatan mahal dan khusus. PackBot dapat dengan mudah dimasukkan ke MOLLE Pack, bagasi mobil atau helikopter.
>510 PackBot memiliki chassis tahan goncangan, robot dapat menahan jika dijatuhkan 6 kaki ke beton, dilemparkan melalui jendela, jatuh dr tangga dan helikopter ketinggian rendah. PackBot beroperasi di segala kondisi cuaca dan dapat menyelam dengan kedalaman 6 kaki di air.

 

iRobot SUGV

 

iRobot dan Boeing telah bekerja sama untuk mengembangkan SUGV (Small Unmanned Ground Vehicle), sebuah mobile robot taktis yang mengumpulkan kesadaran situasional dalam kondisi berbahaya, sementara tentara yang profesional menjaga keselamatan publik keluar dari bahaya.

– Pengawasan / pengintaian
– Bom Disposal / EOD (IED / VBIEDs / UXO)
– Pos pemeriksaan / Pemeriksaan / Pendeteksi Bahan Peledak

Fitur Utama :
>Sebuah versi yang lebih kecil dan lebih ringan dari iRobot tempur terbukti, SUGV mudah memanjat tangga, gulungan rintangan dan memasuki wilayah yang tidak terjangkau dan berbahaya.
>SUGV beroperasi dalam berbagai kondisi dan cuaca, serta di medan kasar dan di perkotaan.
>SUGV memiliki desain modular yang menampung berbagai muatan opsional dan sensor, termasuk manipulator yg tangkas.

 


iRobot FirstLook

Kecil, ringan dan Dapat dilempar, iRobot 110 FirstLook sangat ideal untuk berbagai misi infanteri dan operasi khusus, termasuk pembersihan bangunan, penggerebekan dan yang lain.

Fitur Utama :
>FirstLook ini Dapat dilempar. Robot dpt bertahan dijatuhkan pd 15 kaki ke beton dan dpt menyelam sampai 3 kaki.
>FirstLook ini dpt dikendalikan dalam berbagai lingkungan
>FirstLook beroperasi secara efisien dalam menghadapi rintangan. Robot ini dapat digunakan lebih dari 6 jam saat runtime dalam misi khas dan sampai 10 jam melakukan pemantauan video stasioner. Robot ini menggunakan pencahayaan IR untuk meningkatkan cahaya rendah dan tidak ada operasi ringan.

iRobot 710 Warior

iRobot 710 Warrior adalah sebuah robot yang kuat dan kasar yang membawa muatan berat, melakukan perjalanan melalui medan kasar dan memanjat tangga saat melakukan berbagai misi yang penting:

– Bom Disposal / EOD (IED / VBIEDs / UXOs)
– Jalur Pemeriksaan
– Pengawasan / pengintaian

Fitur Utama :
>710 Warrior kuat dan kasar, mampu membawa muatan beratnya lebih dari 150 pound.
>Dirancang untuk penggunaan indoor dan outdoor, 710 Warrior beroperasi di segala kondisi cuaca, melakukan berbagai misi berbahaya.
>710 Warrior dapat menampung berbagai muatan dan aksesoris, sehingga memungkinkan dpt melakukan beberapa misi.

 


iRobot 210 Negotiator

iRobot 210 Negotiator ini melakukan pengintaian dasar, meningkatkan kesadaran situasi di keadaan yang berbahaya bagi para profesional dan keselamatan publik:

– SWAT / Responders Pertama / Bom Squads
– Pengawasan / pengintaian
– Pendeteksi Materi Berbahaya

Fitur Utama :
>Negotiator dengan biaya lebih rendah membuatnya ideal untuk operasi tanggap darurat sipil, menempatkan teknologi yang menyelamatkan jiwa yang terjangkau ke tangan penanggap yang pertama.
>Robot ini dapat menampung berbagai muatan dan aksesoris, sehingga memungkinkan berbagai misi.
>210 Negotiator telah teruji dan terbukti di lapangan oleh badan-badan lokal, negara bagian dan federal.


iRobot 1KA Seaglider

iRobot 1KA Seaglider adalah UUV deep-diving yang dirancang untuk misi yang berlangsung berbulan-bulan dan mencakup ribuan kilometer. Seaglider dpt mengukur suhu, kadar garam dan jumlah lainnya di laut, pengiriman kembali data menggunakan telemetri sistem satelit global. Lebih dari 135 Seaglider UUV telah dikirim ke pelanggan di seluruh dunia, termasuk Angkatan Laut Amerika Serikat, instansi pemerintah dan organisasi penelitian.

– Ilmu samudra
– Pengawasan / pengintaian
– Pertahanan Pelabuhan

Fitur Utama :
>1KA Seaglider menggunakan sistem instrumentasi seni oseanografi untuk secara tepat mengukur suhu dan konduktivitas sebagai fungsi kedalaman. Selain aplikasi penelitian, pengukuran ini memberikan profil kecepatan suara yang yang penting untuk model karakteristik propagasi akustik.
>1KA Seaglider beroperasi pada kedalaman mulai dari 50 sampai 1.000 meter, meluncur naik turun hingga tujuh bulan pada waktu menggunakan mesin apung untuk mengubah kepadatannya. Pergeseran internal massa memberikan pitch kontrol dan roll untuk manuver yg baik.
>1KA Seaglider dpt berkomunikasi melalui telepon satelit Iridium, mengirim kembali data dan menerima perintah. Data dapat di-upload setiap kali Seaglider ke permukaan.
>1KA Seaglider datang disiapkan untuk pengerahan, pengguna menetapkan parameter misi dengan stasiun pangkalan dari mana saja di dunia dan misi dimulai. Jika perlu, Seaglider dapat memprogram dan diarahkan setiap kali permukaan.


iRobot 15A Ranger

15A Ranger adalah UUV yang berukuran portabel yang mendukung pengembangan teknologi yang berhubungan dengan peperangan tambang, peperangan ekspedisi, pertahanan tanah air, pengawasan / pengintaian bawah air dan misi lainnya. 15A Ranger juga cocok untuk penelitian laut dan aplikasi komersial yang terkait dengan pencarian dan survei.

– Ranjau Berbahaya
– Pelabuhan Pertahanan
– Pengawasan / pengintaian
– Ilmu samudra

Fitur Utama :
>15A Ranger adalah diameter dari sonar sebuah pelampung dan berat kurang dari 20 kilogram, sehingga mudah untuk menangani dalam pengaturan operasionalnya. Hal ini cepat diprogram dengan koneksi Ethernet atau WiFi. Ranger mudah diluncurkan dan diselamatkan melalui operasi tunggal dari RHIB (Rugged Hull Inflatable Boat) atau kapal kecil lainnya di pantai.
>15A Ranger dirancang untuk membawa berbagai muatan dan sensor, mulai dari seperangkat penuh sensor kualitas air untuk pencitraan sonar. Sederhana, yang jelas mendukung interkoneksi persyaratan penggunaan sensor pihak ketiga tanpa rekayasa yg di ulang

iRobot Transphibian

iRobot Transphibian, kendaraan bertenaga sirip yang baik sebagai UUV mobile dan penjelajah dasar air, secara mandiri dapat memasukkan dirinya ke dalam air dan beroperasi di daerah yang sangat dangkal. Sirip memungkinkan robot untuk bernavigasi dengan 6 derajat secara bebas bahkan di gelombang untuk menghindari rintangan dan manuver di dalam ruang yang ketat. Dpt dikembangkan dan beradaptasi, Transphibian mendukung berbagai pertahanan, responden yang pertama dan aplikasi komersial.

– Pendeteksi Ranjau
– Pertahanan Pelabuhan
– Pengawasan / Pengintaian

Fitur Utama :
>Transphibian menggunakan kombinasi sirip dan tangki pemberat untuk berenang dan merangkak pada misi, termasuk pembersihan ranjau di dalam perairan yang didominasi gelombang di dalam atau di dekat zona berselancar, mana UUV lain tidak dapat mempertahankan kontrol.
>Mampu berenang jarak jauh, Transphibian dapat digunakan dari jarak pertempuran yang aman, menjaga operator keluar dari bahaya. Robot ini sulit untuk dideteksi; karena berenang terbenam ke tujuan, yang dipandu oleh update GPS periodik.
>Menampilkan arsitektur modular yg terbuka, Transphibian mampu membawa berbagai macam sensor dan muatan, termasuk kamera bawah air definisi tinggi.

Sumber :

http://www.expo21xx.com/automation21xx/18917_st3_industrial_research/default.htm

http://www.google.co.id/

http://www.youtube.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s