[faktanya] kita bisa fasih berbahasa baru dalam 10 hari


Orang bisa belajar bahasa baru hanya dalam waktu 10 hari. Teknik ini sudah dipakai oleh FBI sejak bertahun-tahun yang lalu.

Pendekatan Pimsleur, demikian nama teknik yang dipakai untuk belajar bahasa dengan cepat, menekankan 3 hal dalam belajar bahasa: cepat, menyenangkan, dan mudah. Dengan pendekatan ini, orang bisa menyerap bahasa baru tanpa membaca, menulis, atau komputer.

Menurut Dr. Pimsleur, seorang spesialis di bidang bahasa, belajar terlalu banyak kata pada awal belajar justru memperlambat proses pengenalan bahasa. Melalui riset panjangnya, komunikasi efektif pada bahasa apa pun melibatkan penguasaan jumlah kata yang sedikit. “Setelah kata inti dikuasai dan digunakan secara konsisten, kata-kata itulah yang jadi dasar percepatan pembelajaran sebuah bahasa,” jelas Dr. Pimsleur.

Dr. Pimsleur tertarik pada anak-anak yang punya kemampuab belajar bahasa baru dengan cepat. Ia lalu melakukan penelitian untuk mengembangkan metode sehingga orang dewasa pun belajar dengan cepat.

Menurut sebuah penelitian yang pernah dilakukan oleh para ilmuwan di University of Cambridge, otak mempelajari kata baru dalam waktu 15 menit setelah beberapa kali mendengar kata tersebut.

Sumber:

http://nationalgeographic.co.id/lihat/berita/884/bicara-bahasa-baru-dalam-10-hari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s