Mitos-Mitos Terlarang Tempat Wisata

Sebuah tempat wisata memang akan menjadi lebih menarik apabila ‘dibungkus’ dengan kisah-kisah (legenda) yang melatarbelakanginya. Misalnya kisah asal usul Gunung Tangkuban Perahu, legenda Danau Toba dan sebagainya. Termasuk mitos seputar tempat wisata tersebut. Mitos adalah kepercayaan yang disampaikan secara turun temurun dari mulut ke mulut mengenai suatu kejadian. Percaya atau tidaknya, itu tergantung Anda. Namanya juga mitos, jadi bisa benar-bisa juga salah kan? Jadi, tegantung bagaimana Anda untuk menyikapinya. Berikut ini mitos-mitos yang ada di tempat-tempat wisata:


1. Candi Prambanan di Jawa Tengah.

Kabarnya, banyak pasangan bubar di tengah jalan setelah pacaran di pelataran candi prambanan. Mereka konon dikutuk Bandung Bondowoso yang gagal menikan dengan Roro Jonggrang.

2. Tanah Lot di Bali.

Ada satu mitos yang menyebutkan kalau orang yang sedang pacaran dan membawa pacarnya berkunjung ke Tanah Lot dan melihat ular penjaga pura itu akan berakibat bubarnya hubungan. Tapi jika Anda tidak membawa pacar, silahkan lihat ular tersebut dan memegangnya sambil berdoa dalam hati. Mudah-mudahan akan terkabul. Namun sekali lagi ini hanya mitos.

3. Candi Gedong Songo di Jawa Tengah.

Candi Gedong Songo terletak di daerah dataran tinggi Ungaran, Jawa Tengah. Nama Candi Gedong Songo, memiliki arti Sembilan Bangunan Candi, yang terletak di komplek tersebut, dan dibangun secara terpisah-pisah tempatnya. Namun, pada kenyataannya candi yang ada di lokasi tersebut hanya berjumlah 8 buah! Konon barang siapa yang mampu melihat penampakan candi yang ke-9, berarti hidupnya tidak akan lama lagi!

4. Pantai Parangtritis di Jogja.

Pantai parangtritis terletak di Yogyakarta, yang merapak pantai yang mengahadap ke Samudra Hindia. Konon diceritakan bahwa Samudra Hindia tersebut merupakan wilayah kekuasaan Nyi Roro Kidul (sebangsa jin). Barangsiapa memakai pakaian berwarna hijau ketika bermain di pantai tersebut maka kemungkinan akan ditelan ombak laut parangtrisis, karena warna hijau adalah warna keusakaan Nyi Roro Kidul.

5. Gunung Lawu di Jawa Tengah.

Gunung lawu terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Ketinggiannya yang mencapai 3.100 meter di atas permukaan air laut (dpl) memungkinkan bunga edelweiss dan populasi burung-burung indah hidup di sana. Apabila Anda tengah mendaki gunung tersebut, dan melihat burung bagus, yang ‘menggoda’ perjalanan Anda, sebaiknya dibiarkan saja, jangan dikejar untuk ditangkap sebagai koleksi di rumah. Karena sebenarnya burung itu tidak pernah ada, dia hanyalah penampakan yang memancing Anda agar mengikuti gerakannya, sehingga lepas dari jalur pendakian dan akhirnya tersesat.

6. Kabun Raya Bogor.

Katanya pasangan yang mengunjungi tempat ini rawan putus. mitosnya bisa putus kalo pasangan ngelewatin jembatan gantung merah yang ada didalam kawasan kebun raya bogor

Sumber:

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s