Laptop Pertama Di Dunia

 

Di tahun 1970-an gagasan komputer pribadi yang portabel pertama kali dipikirkan oleh Alan Kay di Xerox PARC. Orang ini bahkan maju ke depan dan menerbitkan gagasan itu. Gagasan itu segera disambut oleh yang lain, yang akhirnya disepakati nama untuk proyek laptop pertama adalah Osborne1. Pertama diproduksi pada tahun 1981 oleh Adam Osborne, seorang yang bekerja di penerbitan buku, beratnya sekitar 11 kg. Raksasa ini dilengkapi dengan layar monitor 5-inci, kelihatan seperti sebuah ponsel yang berukuran raksasa, layar yang kecil dalam sebuah mesin yang besar.

Pada tahun 1981 oleh Osborne Computer Corporation, Osborne 1 dianggap sebagai komputer portabel pertama dunia, memiliki perlindungan yang cukup kuat saat ditutup, dan juga bisa dibawa kemana-mana karena memiliki pegangan saat ditutup. Ia bahkan memiliki baterai opsional, sehingga tidak perlu dicolokkan ke stop kontak 110VAC untuk daya.

Sementara cukup revolusioner, Osborne 1 memang memiliki keterbatasan. Sebagai contoh, layar hanya 5 inci (diagonal) dalam ukuran, dan tidak dapat menampilkan lebih dari 52 karakter per baris teks. Untuk kompensasinya, Anda benar-benar dapat menggulir tampilan layar bolak-balik dengan tombol kursor untuk menunjukkan baris teks hingga lebar 128 karakter.

Osborne 1 dirancang dengan transportasi dalam pikiran, harus kuat dan mampu bertahan lama tanpa cepat rusak. Itulah satu alasan bahwa layar dibuat sangat kecil, layar yang lebih besar dan lebih berat akan lebih rentan terhadap kerusakan.

Dirancang sebagai sebuah sistem komputer yang benar-benar portabel, dapat disimpan dalam bagasi saat Anda bepergian menggunakan pesawat, atau sangat cocok disimpan di bawah kursi penumpang dari setiap pesawat komersial.

Osborne 1

Introduced: April 1981
Price: US $1,795
Weight: 24.5 pounds
CPU: Zilog Z80 @ 4.0 MHz
RAM: 64K RAM
Display: built-in 5″ monitor

53 X 24 text
Ports: parallel / IEEE-488

modem / serial port
Storage: dual 5-1/4 inch, 91K drives
OS: CP/M


Osborne1 menggunakan sambungan listrik dengan baterai cadangan opsional, serta menggunakan dua floppy drive ukuran 5 ¼ inci, modem port, keyboard, baterai pack dan dibandrol dengan harga sebesar $1800. Jadi, bagaimana kinerjanya?, Well, ibarat pegulat Sumo sedang sprint 100 meter, bisa Anda bayangkan? ini bukanlah sebuah laptop dalam arti yang sebenarnya. Meskipun bisa dibawa kemana-mana, tapi kita sama saja dengan menggendong Anak berumur sekitar 3-4 tahun kemana-mana.










 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s