10 Eksoplanet yang Menakjubkan


Dari perspektif astronomi, tidak ada tempat seperti bumi. Bumi memiliki semua yang kita perlukan: almosfer untuk bernapas, persediaan air yang berlimpah, dan iklim yang cukup. Namun hal tersebut tidak membuat para ilmuwan berhenti mencari planet-planet di luar sana. Salah satu penemuan planet tersebut adalah Eksoplanet, yaitu planet yang berada di luar tata surya kita. Hingga kini, NASA telah menentukan sedikitnya ribuan yang dinyatakan sebagai eksoplanet. Di sini akan ditampilkan 10 eksoplanet yang paling menakjubkan ..
10. Gliese 876 D


Gliese 876 D atau dikenal dengan Goldilocks planets merupakan planet yang menyerupai bumi. Planet ini memiliki permukaan berupa air mendidih. Planet ini memiliki suhu permukaan mencapai 369 derajat Celcius. Massanya 7,5 kali massa bumi. Sekali kita dapat mencapai planet ini, berarti kita akan masuk ke dalam wilayah gas dengan konsentrasi tinggi.

 

9. Gliese 581 C

Ketika para ilmuwan menemukan Gliese 581 C pada 2007 sempat terpikir bahwa planet ini dapat ditinggali makhluk hidup karena memiliki karakteristik yang mirip dengan bumi. Gliese 581 C merupakan eksoplanet terkecil yang pernah ditemukan dan komposisinya didominasi oleh bebatuan. Planet ini memiliki molekul air dalam wujud cair.

 

8.Gliese 581 G

Gliese 581 G merupakan planet menyerupai bumi yang ditemukan di luar tata surya kita. Dengan jarak 20 tahun cahaya, planet ini menjadi eksoplanet terdekat yang pernah ditemukan. Dengan ukurannya yang 3-4 kali ukuran bumi, permukaannya diselimuti oleh daratan dan memungkinkan memiliki atmosfer yang cukup untuk ditinggali.

 

7. HD 40307 B

HD 40307 B merupakan planet yang kecil, gelap, dan letaknya jauh dari bumi. Para ilmuwan memprediksikan massa HD 40307 adalah sekitar 4,2 kali massa bumi. Belum diputuskan zat yang mendominasi planet ini bebatuan atau gas. Jaraknya 41 tahun cahaya.

 

6.MOA-2007-BLG-192-L B

MOA-2007-BLG-192-L B memang tidak memiliki nama yang mudah sebagai eksoplanet, namun planet ini sangat menarik. Massanya 3 kali lebih kecil dari bumi. Orbit planet terhadap bintangnya lebih kecil daripada bumi terhadap matahari. Bintangnyapun kecil sehingga sulit mencegah reaksi fusi antara keduanya. Planet ini terdiri atas gas seperti Neptunus namun memiliki temperatur seperti bumi.

 

5.GJ 1214 B

Planet GJ 1214 B memiliki air yang dapat menunjang kehidupan. Para ilmuwan mendeskripsikan planet ini sebagai planet raksasa dengan laut-laut dalam yang panas. GJ 1214 B berlokasi sekitar 41 tahun cahaya dari bumi.

 

4.HD 7924 B

Tidak banyak diketahui tentang HD 7924 B, namun menarik untuk diteliti. Lokasinya 54 tahun cahaya. Planet ini memiliki massa yang rendah namun memiliki permukaan bebatuan dan terdapat sedikit gas. Walaupun permukaannya berupa bebatuan, planet HD 7924 B terlalu panas untuk mendukung kehidupan.

 

3.OGLE-2005-BLG-390L B

OGLE-2005-BLG-390L B berjarak 28.000 tahun cahaya ke luar tata surya kita. OGLE-2005-BLG-390L B memiliki massa sekitar 5 kali dari bumi. Jika kita berkunjung ke planet ini, kita harus membawa baju musim dingin yang sangat tebal karena suhunya sekitar -220 derajat Celcius.

 

2.Epsilon Eridani B

Dengan jarak 10 tahun cahaya, Epsilon Eridani B merupakan planet yang sanget menakjubkan. Walaupun begitu Epsilon Eridani B sangat tidak disarankan untuk dihuni. Tidak hanya memiliki gas sebanyak Jupiter atau Saturnus, planet ini memiliki orbit yang sangat dekat dengan bintangnya. Maka dari itu, temperatur permukaannya sangatlah ekstrem.

 

1.Kepler 11 F

Tahun 1991, para ilmuwan menemukan eksoplanet Kepler 11 F. Kepler 11 F memiliki massa sekutar 2,3 kali massa bumi. Namun Kepler 11 F memiliki kerapatan yang lebih rendah daripada bumi. Hal ini berarti komposisi planetnya sangat jauh berbeda dengan bumi.

 

 

One comment on “10 Eksoplanet yang Menakjubkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s