Top 10 Negara Berumur Paling Pendek Sepanjang Sejarah

10. Mining State of South Kasai

 

Umur : 17 bulan (30 Juni 1960 – 30 Desember 1961)
Nasib sekarang : Jadi bagian dari Rep. Demokratik Kongo)
Adalah negara yang terletak di selatan Kongo, Afrika. Memerdekakan diri setelah terjadi dekolonisasi  oleh pemerintah kolonial Belgia. Disebut Mining State karena produksi utama daerah ini adalah berlian.
Pemimpin negara itu, Albert Kalonji sempat mendeklarasikan diri sebagai kaisar dan memerintah selama setahun lebih sebelum tentara dari utara (pemerintah Kongo pusat) menaklukkan South Kasai.

9. Hatay State

 


Sanjak of Alexandria (yang warna biru) itu yang disebut juga Hatay.

Umur : 10 bulan (7 September 1938 – 19 Juni 1939)
Nasib sekarang : Jadi bagian dari Turki)
Republik Hatay (لواء الإسكندرونة) adalah negara yang terletak di Suriah barat laut/timur Turki. Sebagai mandat Prancis atas daerah jajahannya, Hatay adalah sebuah pemerintahan transisional yang memiliki otonomi penuh atas wilayahnya dan mendeklarasikan kemerdekaan pada 7 September 1938. Namun pada 19 Juni 1939 Hatay dianeksasi oleh Turki dan dijadikan salah satu provinsinya (karena mayoritas penduduk Hatay beretnis Turki)

8. Neapolitan Republic


Sekedar info, benderanya mirip Romania ama Andorra 


Negaranya kayak sepatu

Umur : 5,5 bulan (23 Januari 1799 – 13 Juni 1799)
Nasib sekarang : Jadi bagian dari Italia)
Republik Neapolitan adalah negara boneka bikinan Prancis. Republik ini dibentuk setelah raja Naples, Ferdinand IV melarikan diri ketika pasukan Prancis menyerbu negaranya. Wilayah sang raja yang kosong pun diambil alih oleh Prancis dan Republik Neapolitan diproklamirkan. Sayang pada Juni 1799 Ferdinand IV kembali lagi ke wilayahnya dan menghabisi para pendukung republik. Neapolitan pun kembali menjadi negara monarki lagi (menjadi Kingdom of Naples).

7. Juliana Republic

 


Yang merah itu gan, sekarang dikenal sebagai provinsi Santa Catarina

Umur : 4,5 bulan (24 Juli 1839 – 15 November 1839)
Nasib sekarang : Jadi bagian dari Brazil)
Republik Juliana adalah negara yang terletak di provinsi Santa Catarina, Brazil (tau Brazil kan ) yang dibentuk akibat perang Farrapos antara Pemerintah Brazil dan pembangkang Republik Riograndese (Republik ini terletak di selatan Santa Catarina). Pasukan Riograndese menyerbu provinsi Santa Catarina, menduduki kota Laguna (ibukota Santa Catarina) dan mendirikan pemerintahan yang diberi nama Republik Juliana. Selama hidupnya, Republik Juliana dan Riograndese berusaha menyerang provinsi lain di Brazil namun selalu gagal. Dalam waktu 4 bulanan akhirnya Juliana ditumpas oleh pasukan Brazil.

6. Empire of China

 


Peta wilayah aslinya kaga nemu ane tapi karena daerah pemerintahan China pada masa itu mewarisi daerah pada masa dinasti Ching, jadi kira2 seperti sekarang lah wilayahnya

Umur : 4 bulan (2 Desember 1915 – 22 Maret 1916)
Nasib sekarang : Jadi bagian dari RRC)
Kekaisaran China (中華帝國) Adalah negara yang didirikan oleh jenderal Yuan Shikai dalam upayanya untuk merestorasi kekaisaran China. Namun upayanya ini justru menyebabkan ketidakpuasan yang besar, terjadi kekacauan di seluruh negeri dan melahirkan banyak raja-raja lokal yang tidak patuh kepada pemerintah. Kaum republikan China (pada masa itu China masih dikuasai Kuomintang) pun memaksanya mundur pada 22 Maret 1916. pada saat itu juga sistem pemerintahan kembali menjadi Republik.

5. Galician Soviet Socialist Republic


Bendera negara komunis biasanya ngebosenin LOL 


peta dari game HoI II biar lebih jelas itu ada dimana

Umur : 3 bulan (8 Juli 1920 – 21 September 1920)
Nasib sekarang : Jadi bagian dari Polandia dan Ukraina)
Dibentuk pada masa perang Polandia-Uni Soviet sebagai front depan komunis Soviet. Dengan kepala negaranya Volodymyr Zatonsky, negara ini benar-benar obskur, ga dikenal dunia internasional, bahkan oleh Soviet sendiri negara ini hampir ga dianggap. Karena pemerintahannya ga efektif, pada September 1920 negara ini dibubarkan, dan perjanjian damai Riga pada 1921 membuat wilayah Galicia dimasukkan kedalam negara Polandia.

4. Labin Republic


Benderanya kaga nemu, ini lambang kotanya 


yang warnanya gelap di kiri

Umur : 38 hari (2 Maret 1921 – 8 April 1921)
Nasib sekarang : Jadi bagian dari Kroasia)
Adalah republik yang didirikan oleh para penambang di kota Labin, provinsi Istria, Italia (pada waktu itu wilayah Istria masuk dalam teritori kerajaan Italia) pada tahun 1921. Para penambang itu menolak rezim fasis yang waktu itu menguasai Italia. Mereka menduduki kota Labin, mendirikan pemerintahan sendiri yang sempat berjalan selama 40 hari sebelum dihancurkan oleh pasukan Italia

3. Bavarian Soviet Republic


Negara komunis sih gan, merah2an dah  


Bavaria atau bahasa Jermannya Bayern

Umur : 28 hari (6 april 1919 – 3 Mei 1919)
Nasib sekarang : Jadi bagian dari Jerman)
Negara yang didirikan sebagai bagian dari Revolusi Jerman 1918-1919, revolusi kaum revolusioner yang terinspirasi dari gerakan serupa di Rusia. Memanfaatkan kekacauan politik di Jerman setelah mereka kalah Perang Dunia I, kaum komunis di selatan Jerman, partai USPD mendeklarasikan bavaria sebagai “negara bebas” – deklarasi yang mengakhiri pemerintahan dinasti Wittelsbach yang sudah memerintah Bavaria selama 700 tahun. Namun negara Bavaria sendiri sulit untuk menstabilkan wilayahnya sendiri dan akhirnya pada Mei 1919, tentara pemerintah Weimar (Republik baru Jerman) menaklukkan Bavaria dan ratusan kaum komunis dihukum. Negara ini pun runtuh. 

(Cita-cita kaum komunis untuk mendirikan negara komunis di Jerman baru tercapai 30 tahun kemudian ketika DDR (Republik Demokratik Jerman/Jerman Timur) didirikan.

2. Republic of Connaught


Aneh nih benderanya  


Yang warnanya hijau muda

Umur : 13 hari (27 agustus 1978 – 8 September 1978)
Nasib sekarang : Jadi bagian dari Irlandia)

Adalah negara pecahan Irlandia yang didirikan untuk menjadi negara satelit Prancis menyusul Pemberontakan Irlandia 1798 yang menentang kekuasaan Inggris di Irlandia. Dipimpin oleh Jendral Humbert, seorang jenderal Prancis, proklamasi kemerdekaan Connaught dibacakan ketika ia baru mendarat di County Mayo, Irlandia dalam rangka membantu perjuangan pemberontak Irlandia.
Sempat menang perang melawan Inggris dalam pertempuran Castlebar pada 27 Agustus 1798, pemerintahan didirikan pada tanggal 31 Agustus dengan John Moore sebagai presidennya. Pada tanggal 8 September pasukan Connaught-Prancis dikalahkan pasukan Inggris pada pertempuran Ballinamuck, pertempuran yang menyegel nasib Connaught dan pasukan ekspedisi Prancis. Negara inipun rontok.

Dan…Negara dengan umur terpendek adalah….

1. Carpatho-Ukraina


Negara ini memakai bendera Ukraina 

 

Umur : Kurang dari 24 Jam (15 Maret 1939 – 16 Maret 1939)
Nasib sekarang : Menjadi bagian dari Ukraina)
Negara paling singkat hidupnya, umurnya kayak layangan singit.
Carpatho-Ukraina adalah daerah otonomi di Cekoslovakia sejak akhir 1938 hingga 1939.Menyusul pendudukan Jerman di Sudetenland (Cekoslovakia), negara Cekoslovakia pun runtuh. Slovakia mendeklarasikan kemerdekaannya. Semnetara Carpatho-Ukraina juga tidak mau ketinggalan. Mereka mendeklarasikan kemerdekaan pada 15 Maret 1939. Pemerintahan segera disusun, dengan Avhustyn Ivanovych Voloshyn sebagai presiden dan Yulian Revay sebagai Perdana Menteri.
Hukum Konstitusi Pertama Carpatho-Ukraina pun dibuat dengan pernyataan sebagai berikut: 

1. Carpatho-Ukraina adalah negara merdeka.
2. Nama negara ini adalah: Carpatho-Ukraina.
3. Carpatho-Ukraina adalah republik, Diketuai oleh Presiden yang dipilih oleh Sojm Carpatho-Ukraina.
4. Bahasa resmi Carpatho-Ukraina adalah bahasa Ukraina.
5. Warna bendera nasional Carpatho-Ukraina adalah biru dan kuning, biru diatas dan kuning dibawah.
6. Lambang negara Carpatho-Ukraina adalah sebagai berikut: Beruang dan bidang merah di sisi kiri, empat garis biru dan empat garis kuning di sisi kanan, juga terdapat trisula St. Volodymyr Yang Agung
7. Lagu Kebangsaan Carpatho-Ukraina adalah “Sche ne vmerla Ukraina” (“Ukraina belom hancur”)
8. Undang-undang ini menjadi sah secepatnya setelah pengumumannya

Namun deklarasi ini mengundang amarah Hungaria, negara yang bertetangga dengan Carpatho-Ukraina. Karena Hungaria bersekutu dengan Jerman, maka mereka beranggapan bahwa Jerman tentu akan mengizinkan sekutunya itu untuk menguasai wilayah Carpatho-Ukraina. (apalagi Jerman udah dapet Ceko, masa ga bagi2 sih )Pada tanggal 15 itu juga, pasukan Hungaria menyerbu Carpatho-Ukraina dan berhasil menduduki ibukota Carpatho-Ukraina, Khust keesokan harinya tanpa kesulitan yang berarti. Udah. Bubar deh tu negara 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s