Mangrove juga berpotensi sebagai tanaman obat

Mangrove berasal dari kata mangue/mangal (Portugish) dan grove (English). Secara umum hutan mangrove dapat didefinisikan sebagai suatu tipe ekosistem hutan yang tumbuh di suatu daerah pasang surut (pantai, laguna, muara sungai) yang tergenang pasang dan bebas pada saat air laut surut dan komunitas tumbuhannya mempunyai toleransi terhadap garam (salinity) air laut. 

Tumbuhan yang hidup di ekosistem mangrove adalah tumbuhan yang bersifat halophyte, atau mempunyai toleransi yang tinggi terhadap tingkat keasinan (salinity) air laut dan pada umumnya bersifat alkalin.

Hutan mangrove di Indonesia sering juga disebut hutan bakau. Tetapi istilah ini sebenarnya kurang tepat karena bakau (rhizophora) adalah salah satu family tumbuhan yang sering ditemukan dalam ekosistem hutan mangrove.

1.Acanthus ilicifolius 

achantus ilicifolius merupakan jenis mangrove sejati yang berkhasiat mengobati Aphrodisiac yang kita manfaatkan dari perangsang libidonya, asma yang digunakan adalah buahnya diabetes, diuretic, hepatitis, leprosy (buah, daun dan akarnya); neuralgia, , cacing gelang, rematik, penyakit kulit, sakit perut (kulit batang, buah dan daunnya). Antifertilitas, penyakit kulit, tumor, borok (resinnya)

.

2.Avicennia alba  

Avicennia albajuga merupakan mangrove sejati yang berkhsiat untuk mengobati Rematik, cacar, dan borok manfaat dari bagian batang.

3.Avicennia marina 

Avicennia marina juga termasuk mangrove sejati yang mempunyai khasiat unutk mengobati Aphrodiasiac, diuretic, hepatitis bisa memanfaatkan buahnya, leprosy dengan menggunakan kulit batangnya.
4.Bruguiera cylindrical 

Bruguiera cylindrical adalah tumbuhan mangrove sejati yang berkhasiat untuk mengobati Sakit mata menggunakan buahnya.

5.Ceriops tagal

nah yang ini bisa untuk mengobati luka akibat di sengat ubur-ubur (daunnya)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s