Fujian Tulou: Komplek Perumahan Tradisional Bangsa China

Fujian Tulou adalah komplek arsitektur rumah kuno Tiongkok di tenggara Provinsi Fujian. Kebanyakan dari Fujian Tulou dibangun antara abad 12 dan 20 Masehi dan mempunyai total 46 bangunan. Berakar dari daerah Provinsi Jiangxi, Fujian dan Guangdong mengikuti perpindahan penduduk dari Cina Tengah ke Cina Selatan.
Secara harafiah dapat diartikan menjadi Rumah Bumi (orang) Fujian. Sesuai dengan namanya, Fujian tulou dibuat dengan material yang berasal dari bumi seperti tanah, bebatuan, bambu dan kayu. Kayu dan bambu menjadi rangka dari bangunan berbentuk bulat ini yang kemudian di semen menggunakan tanah. Karena bahan bangunannya, Fujian Tulou menjadi bangunan yang mempunyai penerangan yang baik, tahan angin dan tahan gempa bumi. Fujian Tulou juga hangat di musim dingin dan sejuk di musim panas.

 

Terminologi

Sejak 1980-an, Tulou Fujian telah banyak disebut sebagai Hakka Tulou, atau tempat tingal Orang Hakka. Hakka merupakan salah satu cabang suku Han yang memiliki ciri khas dan penyebaran serta pengaruh paling luas di seluruh dunia. Di Cina sendiri, orang Hakka menyebar sampai ke provinsi-provinsi lebih jauh seperti Provinsi Sichuan, Chongqing dan Guangxi. Sedangkan diseluruh dunia, boleh dikatakan hampir dimerata tempat dapat ditemukan jejak orang Hakka. Namun anggapan itu tidaklah benar. Banyak juga orang fujian selatan yang juga mendiami rumah adat ini.
Secara keseluruhan, The Tulou Fujian didefinisikan sebagai: “Sebuah bangunan bertingkat besar di wilayah pegunungan sebelah tenggara Fujian sebagai tempat hidup komunitas yang besar dan tempat pertahanan, dibangun dengan pagar yang kokoh dan struktur rangka kayu.”
Famous Fujian Tulou

Ada beberapa Fujian Tulou yang terkenal, antara lain:
Chuxi Tulou cluster

Terletak di Provinsi Yongding Kota Xiayang Desa Chuxi. Cluster ini tertulis sebagai situs Warisan Dunia UNESCO no. 1113-001.
Jiqinglou, adalah tulou rotunda terbesar juga tertua di cluster ini, dibangun pada tahun 1419 pada masa pemerintahan Kaisar Yongle dinasti Ming . Cluster Ini terdiri dua cincin konsentris, bangunan berbentuk lingkar yang terdiri dari empat lantai, dengan 53 kamar pada setiap tingkat. Bagian Luar ring memiliki 72 tangga. Cincin kedua adalah bangunan berlantai satu.

Tampak Luar Cluster

Jiqing lou
Zhencheng lou

Dijuluki “Pangeran Tulou”. Cluster ini Terletak di Provinsi Yongding Kota Hukeng Desa Hongkeng. Cluster yang tertulis sebagai situs Warisan Dunia UNESCO no. 1113-002 ini ini dibangun pada tahun 1912 oleh keturunan seorang pedagang tembakau kaya. Zhencheng lou terdiri dari dua ring, Cincin luar terdiri dari empat lantai dengan total 184 kamar. Sedangkan cincin dalam terdiri dari 2 lantai dengan 32 kamar. Pengaruh Barat trlihat pada bangunan aula tempat sembahyang, yang mengadopsi model bangunan yunani.

Ancestral hall of Zhengchenglou
Chengqi lou

Dijuluki “Raja Tulou”. Cluster ini Terletak di Provinsi Yongding Desa Gaotou. Cluster yang tertulis sebagai situs Warisan Dunia UNESCO no. 1113-003 pada tahun 2008 ini dibangun pada 1709.
Tulou ini terdiri dari 4 cincin. Bagian luar mempunyai diameter 62 meter dengan 4 lantai dan 288 kamar. Terdapat pla jalur melingkar dari lantai 2 ke 4 dan tangga tegak lurus untuk naek ke atas. Lantai pertama untuk Dapur, lantai kedua sebagai gudang makanan, lantai 3 dan 4 sebagai tempat tinggal.
Ring kedua terdiri dari 2 lantai dan 80 kamar. Sedang ring ketiga terdiri dari 32 rang yang berfungsi sebagai perpustakaan. Ring keempat adalah bagian tengah, digunakan sebagairuang pertemuan. Total ruang sekitar 370.
Cluster ini didiami oleh 1 generasi marga Jiang, dengan total 57 kerluarga dan 300 orang saat ini. Pada masa jayanya, hingga 80 keluarga tinggal disini.

King of Tulou- Chengqilou

4 concentric ring architecture of Chengqi lou
Tianluokeng Tulou cluster
Cluster ini terletak di provinsi Fujian, Kota Zhangzhou, Nanjing, Shuyang, Desa Tian Luo Keng di Cina selatan, sekitar empat jam perjalanan dengan taksi dari Xiamen, melalui jalan gunung yang berkelok-kelok dan sempit bergelombang. Cluster Ini terdiri dari lima tulous dengan “Buyunlou” di pusatnya, dikelilingi oleh tiga rotunda tulous dan tulou oval, membentuk pola “empat piring dan sup”. Nya terdiri dari:
• Alun-alun Buyunlou, Ini adalah Pusat Cluster dan didirikan pertama kali, pada 1796. Terdiri dari 3 lantai dengan 26 Kamar. Bangunan ini sempat habis dibakan oleh perompak pada 1936, namun dibangun kembali pada 1953 sesuai dengan aslinya
• The Hechang, Adalah bangunan dengan 3 lantai
• Zhenchang, terdiri dari 3 lantai, dengan 26 kamar per lantai dandibangun pada 1930
• Ruiyun, dibangun pada 1936 terdiri dari 26 kamar per lantai. Total adalah 3 lantai.
• Wenchang, terdiri dari 3 lantai, dibangun tahun 1966 dengan 32 kamar per lantai.

Tianluokeng tulou cluster

Buyunlou
Yuchang lou

Cluster yang terletak di daerah Nangjing kabupaten Shuyang desa Xiabanliao ini dibangun pada tahun 1308 dinasti Yuan oleh keluarga Liu klan. Ini adalah salah satu tulou tertua di Cina. Yuchanglou telah dijuluki “bangunan zigzag”, karena struktur kayu vertikal yang tidak lurus dan tidak tegak lurus, tapi berbentuk zigzag kiri dan kanan. Dibangun demikian karena adanya kesalahan mengukur bahan bangunan. Tapi meskipun kelemahan ini tampak jelas, tulou ini bertahan hinga 700 ratus tahun. Ring paling Luar Yuchanglou mempunyai diameter 36 m, terdiri dari 5 lantai dengan 50 kamar di setiap lantai.

Five-storey Yuchanglou built in 1308

Zigzag structure of Yuchanglou
Picture Gallery
Yuchanglou inhouse water well
λinsertion technique of roof tiles
Corridors of tulou
Entrance gate with granite frame
Gun port of Chengqilou
A firearm for defense against enemies
Buyun building main gate

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s