5 Konsep Panen Energi Hijau Dari Jalan Raya

Jalan raya merupakan salah satu tempat dimana banyak energi terbuang begitu saja. Energi tersebut sebenarnya bisa dipanen untuk dimanfaatkan kembali. Caranya pun relatif mudah, hanya diperlukan realisasi dari ide dan konsep yang sudah banyak dituangkan, sedangkan teknologi yang ada ada saat ini juga sudah mendukung.

Berikut ini adalah beberapa konsep dan ide yang bisa direalisasikan guna mengubah jalan raya sebagai sumber energi :

 

1. Solar Roadway

Solar Roadway adalah prototip jalan cerdas dengan menanam sel-sel surya ke dalam jalan. Selain berfungsi sebagai penghasil listrik, rambu-rambu lalu lintas cukup dibuat di atas jalan raya. Sebuah teknologi yang melibatkan sistem mikroprosesor akan melakukannya sekaligus mendeteksi kerusakan yang terjadi. Selain itu, sistem Radio Frequency Identification bisa digunakan untuk melacak posisi kendaraan yang melintas di atasnya. Sistem kendali transportasi tidak akan mengalami masalah di atas Solar Roadway.

2. Solar Arch

Solar Arch didesain oleh Tyson Steele, seorang desainer industri. Konsepnya sendiri pada dasarnya lebih mengutamakan arsitektur yang dikombinasikan dengan jalan raya, terutama untuk perkotaan. Atap lengkung yang terbuat dari panel-panel surya transparan, selain menghasilkan listrik untuk memenuhi kebutuhan listrik jalan itu sendiri, seperti lampu dan rambu-rambu, atap tersebut juga dapat berfungsi sebagai pelindung jalanan dari sinar matahari langsung dan hujan.

3. E-Turbine

Pedro Gomez, desainer industri, membuat konsep turbin angin sumbu vertikal yang dipasang di antara dua jalur jalan raya. Energi angin yang didapatkan selain berasal dari pergerakan udara yang diakibatkan melintasnya kendaraan di dekat turbin tersebut, juga dari angin alami. Listrik yang dihasilkan disimpan dalam baterai dan bisa digunakan kembali untuk penerangan jalan, panel informasi dan telepon darurat.

4. Electricty Generation Road Ribs

Energi juga bisa didapat dari mobil yang sedang melintasi jalan raya. Konsep untuk mengaplikasikannya adalah dengan menggunakan Electricty Generation Road Ribs. Road Ribs mengandalkan konsepnya pada karet elastis yang tahan terhadap cuaca dengan bagian dalamnya diisi dengan kumparan dan magnet permanen. Hasilnya jika terjadi gerakan magnet maka listrik akan mengalir dan kemudian disimpan ke dalam baterai.

By kEy_ Posted in green

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s