10 Kendaraan Modifikasi Yang Sangat Unik Dari Berbagai Negara

1. Dekotora (Jepang)

Selama ini Jepang dianggap Negara yg kreatif dan unik. Dekotora yang merupakan kependekan dari “decoration truck” merupakan salah satu contoh sempurna betapa Jepang bisa menjadi individualistic. Dibuat dan dimiliki oleh seorang sopir truk independen, Dekotora biasanya dimodifikasi agar terlihat seperti bagian depan sebuah kasino Las Vegas. Truk Dekotora ini memiliki berbagai macam aksesoris unik, seperti lampu-lampu yg berwarna-warni, stiker, dan aksesoris krom besar yg terpasang di badan truk. Para pemilik Dekotora biasanya sering berkumpul bersama untuk memamerkan hasil modifikasi masing-masing. Tidak ada dua truk yang sama persis. Terdapat 3 jenis Dekotora, yaitu Kansai, Kant dan Retro. Truk Dekotora ini biasa digunakan untuk mengangkut barang-barang.

2. Bus Turis (Thailand)

Seperti Dekotora, Bus Turis di Thailand ini juga penuh warna dan desain yg unik. Lukisan pada bus dibuat oleh seorang profesional yang mengabdikan hidupnya untuk seni. Bus yg beroperasi di seluruh Thailand ini dihiasi dengan berbagai macam desain dan gambar, mulai dari karakter Disney hingga tokoh-tokoh anime Jepang. Tidak ada hal yang terlalu aneh untuk menjadi berwarna cerah atau dibuat di badan bus. Bus jenis tersebut telah begitu meluas sehingga jenis bus satu-satunya yang akan berdiri di jalan-jalan ibukota adalah bus yang penuh dengan cat warna tersebut. Dalam industri bus wisata, warna norak dan karakter kartun raksasa adalah sesuatu yg normal.

3. Chopper (USA)

Pada akhir Perang Dunia 2, jutaan GI kembali ke rumah untuk menemukan diri mereka kembali, dengan kelaparan untuk menemukan kegembiraan hidup setelah perang yang tidak menyenangkan. Banyak dari mereka membeli sepeda motor untuk menikmati kecepatan dan kebebasan di jalan terbuka, tetapi mereka menganggap sepeda motor tersebut terlalu besar dan banyak bagian2 yg tidak diperlukan. Karena itu mereka memodifikasi dan “chopped” atau “mencincang” sepeda motor mereka menjadi lebih ramping dan lebih cepat. Selama 20 tahun ke depan, seni telah berkembang dan sub kultur yg baru telah lahir. Meskipun sebagian besar chopper telah memudar dari mata publik selama bertahun-tahun, mereka terlihat mengalami kebangkitan kembali pada tahun 2000 dengan acara seperti American Chopper dan pemasaran merek baru seperti West Coast Choppers yg disesuaikan untuk generasi baru.

4. Itasha (Jepang)

Katakanlah Anda akhirnya punya cukup uang dan kekuasaan untuk membeli mobil sport Italia yang selalu Anda impikan. Sebuah karya teknik otomotif dan kekuasaan, terlihat sekeren rasanya. Tentunya, hal pertama yang akan Anda lakukan adalah menghabiskan banyak uang untuk memiliki karakter kartun seksi yg dicat di atasnya, iya kan? Aneh kelihatannya, untuk sekelompok penggemar mobil di Jepang, itulah yang mereka lakukan. Dikenal dengan nama Itasha (yang berarti mobil yg dicat), mobil ini secara pasti dimiliki, digunakan, dan dipamerkan oleh orang yg menyukai performa kendaraan. Gambar yg terdapat di Itasha biasanya merupakan tokoh-tokoh anime yg terkenal. Itasaha biasanya dapat dilihat di arena balapan yg sebenarnya dan biasanya disponsori oleh perusahaan.

5. Lowriders (USA)

Meskipun lowriders selalu dihubungkan dengan budaya hip hop West Coast, lowriders selalu menjadi bagian integral dari budaya Chicano. Pertama dibuat oleh orang-orang Meksiko Amerika pada tahun 1930an, lowriders dan budaya di sekelilingnya berkembang selama pasca perang. Seperti mantan tentara yg “memotong” chopper mereka, penggemar lowrider memodifikasi mobil mereka menjadi serendah mungkin. Setelah menggunakan karung pasir dan “cinder blocks”, mereka benar2 memotong dan memendekkan mobil mereka. Tujuannya adalah menjadi “selambat dan serendah” mungkin. Salah satu modifikasi lowrider yang paling terkenal, hidrolika, sebenarnya dilakukan sebagai respon terhadap undang-undang hukuman yang berlaku di negara bagian California.

6. Mod Scooter (UK)

The Swinging Sixties mungkin telah menghasilkan banyak musik besar, tetapi pada dasarnya, itu semua adalah tentang gaya. Dari jaket makan malam James Bond hingga ke setelan kucing Emma Peel, sebuah misi rahasia pada tahun 1960 di London adalah untuk membuat manusia menjadi sekeren mungkin. salah satu kebudayaan yg terkenal pada waktu itu adalah menyatakan persaaan cinta terhadap fashion dengan menggunakan motor scoter mereka. Desain Scooter tersebut banyak dipengaruhi oleh kebudayaan dan fashion Italia, Vespa, dan Scooter Lambreta. Setelah mereka mendapatkannya, mereka akan memodifikasi bagian ekterior dari scooter tersebut, terutama bagian lampu dan kaca spion.

7. Jingle Truk (Asia Tengah)

Walaupun namanya mungkin terdengar konyol, tidak ada yang menertawakan nama truk ini. Truk yg juga penuh dekorasi ini merupakan kendaraan umum komersial yang berada di Asia Tengah. Kendaraan ini terutama dapat ditemukan di Afghanistan, India, dan Pakistan. Ditutupi dengan berbagai macam lukisan, binatang, kendaraan, jingle truk sangat luar biasa untuk dilihat. Meskipun terlihat umum, masing-masing truk memiliki keunikan sendiri-sendiri yang mencerminkan selera dan kepribadian pemiliknya. Salah satu gambaran paling umum untuk truk tersebutadalah mata manusia, yang dimaksudkan untuk mengusir roh jahat. Yang membedakan jingle truk dengan kendaraan lainnya adalah “jingle” atau “suara gemerincing” yg dihasilkannya. Untuk mendapatkan suara tersebut pada bumper truk dihiasi dengan rantai panjang dan mempesona yg menggantung seperti tirai.

8. Jeepneys (Filipina)

Pada awalnya dibuat dari kendaraan jeep tentara US yg telah usang, jeppneys adalah contoh yg besar bahwa sampah bagi seseorang adalah harta bagi orang lain. Ketika pasukan AS menarik diri dari Filipina setelah Perang Dunia 2, mereka menjual ratusan jip yg berlebihan atau memberikan mereka ke penduduk setempat. Walaupun senang mendapatkan kendaraan tersebut, para penduduk belum merasa puas terhadap desain jeep tersebut. Maka orang-orang Filipina memodifikasi jeep tersebut dengan memanjangkan bodynya, menambah atap dan juga mengecat ulang jepp ini dengan cat yg berwarna-warni. Kendaraan yang dihasilkan lebih menyenangkan untuk dilihat dan juga dapat melayani peran penting dalam memulihkan transportasi umum di suatu negara yang masih berusaha untuk membangun kembali setelah bertahun-tahun berada dalam masa pendudukan. Mereka menjadi bagian dari budaya dan masih ada sampai sekarang.

9. Mobil Van Modifikasi (USA)

Walaupun van modifikasi ini muncul pertama kali dan terkenal di antara kaum hippies dan peselancar pada tahun 60an, van modifikasi mencapai kejayaannya setelah tahun 1970. Di bagian mobil tersebut terdapat berbagai macam dekorasi, diantaranya karepet ruang tamu, lampu sorot, dan jika beruntung maka kamu akan menemukan lemari pendingin kecil yg berisi minuman bir. Setiap karakter sci-fi dan fantasi mulai dari Conan hingga C3PO diabadikan dalam bentuk air brush pada body mobil van tersebut sehingga akan banyak yg melihat.

 

10. Becak Modifikasi (India)

Satu-satunya kendaraan di dalam daftar yg digerakkan dengan tenaga manusia adalah becak tradisional dari India. Modifikasi ini membuktikkan bahwa kendaraan yang tidak bermesin pun dapat dilakukan modifikasi. Meskipun telah mulai pudar di berbagai belahan di dunia, becak tetap menjadi bentuk transportasi umum yg terkenal di banyak kota di India dan Bangladesh. Digunakan sebagai cara murah untuk berkeliling, becak merupakan bagian integral dari sistem transportasi. Tetapi yg membuat mereka menjadi “besar” adalah seni. Dihiasi dengan lukisan minyak yang menggambarkan segala sesuatu dari bintang film, produk2 hingga komentar politik, mereka mencerminkan pandangan dan perasaan para pemilik pemiliknya dan akan membuat orang lain yg melihatnya menjadi terkagum-kagum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s