Kota Terboros di Dunia

Dubai: Kota Paling Boros Pembangunan

Dubai memang terlihat sangat bersemangat membangun kotanya gan, terbukti banyaknya bangunan yg spectakuler disana termasuk Burj Khalifah, gedung pencakar langit tinggi 828m, yg sekarang tercatat gedung tertinggi di dunia gan! Bayangin aja, tinggi gedung ini sekitar 2x lipat dari rata-rata gedung pencakar langit di seluruh dunia.Gedung yg menghabiskan dana US$1,5milliar ini juga memiliki danau buatan seluas 12hektar. Bisa bayangkan gan berapa konsumsi energi dan air yg di butuhkan? dalam sehari, bangunan yg terletak di Sheikh Zayed Road ini mengkonsumsi air sebanyak 250.000 galon atau (sekitar 946.000liter!) Menurut Center for Science and Environment, gedung yg memiliki 163 lantai ini sudah mengkonsumsi energi dan materi berlebihan yg bisa merusak alam. Perkiraan pemborosannya adalah sekitar 1/6 air bersih di bumi, 1/4 hutan dibabat dan 2/5 pemborosan materi dan energi.

Bangunan di Dubai yg gak kalah “heboh” adalah Palm Islands dilepas pantai Uni Emirates Arab di teluk persia. Palm Jumeirah, Palm Jebel Ali dan Palm Deira ini berbentuk pohon palm, “beratap” sebuah sabit, dan lengkap dengan rumah rumah penduduk serta pusat hiburan. Untuk membuat proyek ini di butuhkan sekitar 100juta meter kubik batu dan pasir hanya untuk membangun dua pulau saja! sebagai akibat pengerukan ini dampak yg paling terlihat adalah air di pantai dubai yg biasanya jernih terlihat keruh berlumpur. Aktivitas pembangunan pun ternyata merusak habitat laut, mengubur terumbu karang, merusak habitat tiram dan rumput laut(hingga tertutup sedimen setebal 5 centimeter), dan mengancam sumber makanan bagi spesies laut. Menurut laporan terbaru dari Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) Dubai bertanggung jawab sebagai ‘penyumbang’ emisi gas rumah kaca sebanyak 26%!

Las Vegas: Kota Paling Boros Listrik

Sebagai kota terpadat penduduknya di negara bagian Nevada (USA), Las Vegas terkenal dengan julukan The Entertainment Capital of The World. Sebagai pusat segala glamour, bisa di bayangkan gan gemerlapnya kota yg di bangun sejak tahun 1905 ini? Apalagi Las Vegas Boulevard yg ngetop dengan sebutan The Strip sepanjang 6,8km yg penuh dengan bangunan berlampu meriah. Bahkan, konon gemerlapnya Las Vegas ini terlihat dari luar angkasa! Pengen tahu pemborosan listrik yg digunakan di kota berpenduduk 1.902.834 jiwa ini? it’s a WOW.. menurut www.climatedenial.org setiap penduduk membutuhkan listrik sekitar 20.000kWh per tahun yg menghasilkan 400.000megawatt dengan biaya US$40juta dalam satu tahun. Konsumsi listrik sebesar ini menghasilkan 160 juta ton emisi gas karbondioksida (CO2) per tahun!! Jumlah ini terhitung besar karna hampir sama dengan jumlah emisi yg dikeluarkan oleh sebuah negaras besar, seperti Belanda. gak hanya itu, pemborosan listrik seperti ini bakal berujung pada masalah lingkungan yg dikenal dengan istilah light pollution.
Lima (PERU): Kota Paling Boros Air

Menurut Center for Applied Geographical Research dari Catholic University, ibukota negara Peru yg dibangun pada tahun 1535 ini tercatat sebagai “konsumen” air terboros, meskipun sebenarnya kota ini kekurangan sumber air. Pada tahun 2005, konsumsi air disana sebanyak 260 liter/orang/hari. Gak heran, masih banyak daerah yg kekurangan air di kota “gurun” kedua setelah Cairo(Mesir) ini. Tapi hal itu gak ngurangi keinginan pemerintah di amerika selatan ini untuk membangun El Circuito Magico del Agua (The Magic Circuit of Water) di Parque de la Reserva di pusat kota Lima yg diresmikan pada tanggal 26 juli 2007 lalu. Water Park Dengan 13 air mancur raksasa yg menghabiskan dana US$13juta ini memiliki Fuente Magica (Magic Fountain) sebagai air mancur terbesar dan tertinggi (80 meter) yg bahkan tercatat dalam Guiness Book of Record! Tidak disebutkan berapa banyak air yg dibutuhkan, tapi yg jelas penduduk miskin di negara ini harus membayar US$3 (sekitar Rp.30.000) untuk 1 meter kubik air yg gak bersih.
Shanghai: Kota Paling Boros Membangun Pabrik

Menurut data World Bank, 20 kota dengan polusi udara terburuk terdapat di China. Salah satu di antaranya adalah Shanghai yg merupakan kota terpadat dengan jumlah penduduk sekitar 19.210.000 jiwa. Walaupun dengan alasan demi pertumbuhan ekonomi negara yg makin pesat, tapi kota ini dianggap sudah melakukan berbagai pemborosan dalam membangun pabrik yg menggunakan 70% energi batubara sebagai bahan bakarnya. Baui belerang dari batubara dan bensin bertimbal sudah biasa tercium di kota yg berada di tepi sungai Yangzte ini. Gak heran bila kota pelabuhan cargo terbesar di dunia ini tampak tertutup kabut tipis bila dilihat dari luar angkasa, seperti yg dilaporkan oleh seorang astronot Jay Apt untuk National Geographic. Level ozone pun meningkat sampai lebih dari 2.5 mikron di sekitar sungai lembah Yangzte ini. Ozone terbentuk saat nitrogen oksida bercampur dengan hidrokarbon yg dihasilkan oleh kendarran dan pabrik. Efeknya sangat buruk pada proses fotosintensis tanaman.

Lucknow (India): Kota Paling Boros Tas Plastik

Sebenarnya engga hanya di ibukota Uttar Pradesh (India) ini saja yg berlebihan menggunakan tas plastik, tapi bahkan dibanyak kota di seluruh India, yg salah satunya adalah Goa yg kaya. Tapi, kota lucknow yg terletak di India Utara ini menjadi bahan pembicaraan karena seekor sapi yg gak sengaja memakn tas plastik! Sebuah studi di India mengidentifikasi penggunaan tas plastik terbanyak di daerah pusat perbelanjaan. Yg menyedihkan, India ngga memiliki fasilitas memadai untuk mengolah material dengan ketebalan 20-40 mikron yg sulit terurai dalam 300 tahun ini. Apalagi, rata-rata penduduk di India menggunakan 3kg tas plastik/orang dalam 1 tahun (sebagai info, penduduk India mencapai 1.191.095.000 jiwa.) Akibatnya sampah plastik pun terlihat bertumpuk disana-sini, termasuk sampah kemasan botol plastik! Nah, sebagian tambahn info, per 1kg plastik yg dibuang berarti sudah menyumbang sekitar 6kg emisi gas CO2 pada bumi kita ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s